BUMN PEDULI Bagikan Paket Sembako Gratis

Oleh: Badar S

JAKARTA-Ratusan warga dari 14 kelurahan dan tiga kecamatan di wilayah Jakarta Selatan mendapatkan paket sembako secara gratis dalam acara BUMN PEDULI Ketahanan Pangan di halaman kantor Kelurahan Bukitduri, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa, (25/3).

Paket sembako yang berjumlah 6.200 itu dibagikan secara gratis kepada seluruh keluarga miskin di wilayah Jaksel. Mereka rela antre untuk mendapatkan satu paket sembako yang terdiri dari 5 kg beras, 1 liter minyak goreng kemasan, 5 bungkus mie instan, dan 1 kg gula pasir.

“Setidaknya ini merupakan sebuah kepedulian BUMN terhadap warga miskin di seluruh Ibukota. Sebelumnya, kita juga telah membagikan paket serupa kepada warga miskin di Jakarta Utara pada awal Maret lalu,” kata staf ahli Meneg BUMN, Parikesit S, Selasa (25/3).

“Pembagian paket sembako juga sebagai tindak lanjut surat edaran Menteri Negara BUMN Nomor SE-04/MBU/2008 Tanggal 12 Maret 2008 perihal bantuan BUMN untuk ketahan pangan tahun 2008,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kotamadya Jakarta Selatan, Anas Effendi menjamin pembagian paket sembako itu tepat sasaran. Pasalnya, kata dia, sebelumnya pihak kelurahan telah melakukan survei sekaligus membagikan kupon untuk pengambilan paket sembako tersebut secara gratis.

Anas menuturkan, sebanyak 3.200 paket dibagikan kepada warga miskin di kecamatan Tebet meliputi Kelurahan Bukitduri 1.800 paket, Kebonbaru 500 paket, Manggarai 500 paket, Tebetbarat 77 paket, Tebettimur 50 paket, Manggaraiselatan 173 paket, dan Mentengdalam 100 paket.

Sementara di Kecamatan Setiabudi, masing-masing kelurahan yang berhak antara lain Kelurahan Pasarmanggis 500 paket, Mentengatas 500 paket, Guntur 500 paket, Kuningantimur 500 paket. Adapaun untuk Kecamatan Pesanggrahan yaitu untuk Kelurahan Bintaro 400 paket, Ulujami 300 paket, dan Pesanggrahan 300 paket.

Namun pembagian paket sembako tersebut masih dirasakan kurang dari jumlah warga miskin yang terdapat di wilayah Jaksel. Sebab, data yang terkumpul di Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta Selatan, jumlah warga miskin wilayah Jaksel sepanjang tahun 2007 berjumlah 11.196 Kepala Keluarga (KK).

“Warga miskin yang mendapatkan paket sembako pada hari ini, masih dirasakan kurang. Karena masih banyak sekali warga miskin yang masih belum terdata di kelurahan setempat,” ungkap Ahsanul Hak, salah satu staf BPS Jakarta Selatan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama