Sutiyoso: Pendidikan dan Kesehatan Gratis Harus Bisa Dirasakan Seluruh Rakyat Indonesia



Oleh: Aris Kuncoro

PALEMBANG-“Apa yang menjadi modal dasar membangun tingkat kesejahteraan suatu masyarakat?” Demikian Sutiyoso mengawali pertemuannya dengan para guru wilayah Sumatera Selatan di gedung IAIN, Palembang, kemarin (25/11). Pertanyaan calon presiden 2009 ini serentak dijawab dengan koor panjang, “Pendidikan!”.


Bang Yos, panggilan akrab Sutiyoso, memang tak asing dengan kehidupan para guru. Maklum, ayahandanya merupakan guru di kampung halamannya, Semarang. Sebaliknya, para guru yang telah mengetahui latar belakang Bang Yos cepat akrab dengannya.
Bagi Sutiyoso, tingkat kesejahteraan masyarakat berkolerasi lurus dengan tingkat pendidikan yang diperoleh masyarakat tersebut.

“Jika masyarakat pintar, otomatis pola hidup dan pola pikirnya pun menjadi lebih baik, dengan pola hidup yang semakin baik, maka tingkat pengetahuan atau kesadaran masyarakat tersebut akan kesehatan juga lebih baik,” jelasnya lagi.

Pernyataannya ini diamini oleh ratusan guru yang hadir dalam pertemuan tersebut. Tentunya, lanjut Sutiyoso, tak serta merta masyarakat bisa meningkatkan kesehatannya tanpa bantuan pemerintah. “Pemerintah tetap mengendalikan dan memfasilitasi sarana dan prasarananya, namun masyarakat yang pintar paling tidak mampu menyatakan pendapatnya atas standar minimum kesehatan yang berhak mereka peroleh dan wajib pemerintah sediakan,” lanjutnya lagi.

Bang Yos menyatakan, untuk mengukur keberhasilan seorang pemimpin banyak indikatornya. Salah satunya, melalui pendidikan dan kesehatan masyarakatnya. “Saya menemukan lagi satu bukti, pemimpin yang bisa memberikan pendidikan gratis dan kesehatan gratis bagi masyarakatnya di kabupaten Musi Banyuasin, ternyata sekarang berhasil menjadi gubernur Sumatera Selatan, Bapak Alex Noerdin,” ungkap Bang Yos.

Hal yang sama, lanjutnya, pernah dilakukan saat dirinya memimpin ibu kota Jakarta selama 2 periode. “Maka dari itu, saya berharap dukungan dari masyarakat Sumatera Selatan, agar pendidikan dan kesehatan gratis bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia,” demikian Sutiyoso.


Keterangan Foto: Bang Yos saat melakukan pertemuan dengan guru-guru di Palembang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama