Pemkot Jakarta Selatan Segera Bangun Jalur Sepeda



JAKARTA – Pemerintah Kota Jakarta Selatan segera membangun jalur sepeda di Lebak Bulus hingga ke Sisingamangaraja. Jalur tersebut nantinya dikhususkan untuk pengguna sepeda dan menjamin keselamatan bersepeda di Jakarta Selatan.

Wali Kota Jakarta selatan Syahrul Effendi mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan penggodokan teknis pembangunan yang melibatkan Dinas Perhubungan dan Instansi lainnya. “Kita masih bahas, bagaimana teknis yang bagus,” katanya di Jakarta saat acara Bersepeda Santai dalam rangka HUT Korpri Ke-38 dan HUT PGRI ke-64, hari Minggu (6/12).

Ribuan guru se Jakarta Selatan dan karyawan Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengikuti acara bersepeda sehat ini.Selain itu acara ini juga diikuti oleh Komunitas Sepeda Ontel dan Bike To works.

Kegiatan ini dimulai dari halaman Kantor Walikota Jakarta Selatan menuju Monumen Nasional dan kembali lagi ke Kantor Walikota jakarta Selatan. Turut hadir dan mengikuti acara bersepeda Dandim 0504/JS Letkol Inf Eko Natalius, Kabag Binamitra Polres Jakarta Selatan AKBP Sucipto, dan Ketua Korpri Provinsi DKI Jakarta H Zainal Arifin. Para peserta juga dihibur oleh artis Ibukota diiringi musik dangdut pimpinan Ruri Modiska

Menurut Wali Kota, pemilihan jalur tersebut dikarenakan banyaknya karyawan yang menggunakan sepeda melintasi jalur tersebut. Sehingga, perlu dibuatkan jalur khusus yang memberikan kenyaman bikers yang melintas.

Dia melanjutkan, saat ini, Dishub sedang melakukan kajian terkait kebijakan tersebut. Selain itu, pihaknya juga masih melakukan sosialiasi terkait kebijakan tersebut dengan cara mengajak masyarakat untuk giat menggunakan sepeda.diharapkan, pembuatan jalur sepeda tersebut akan menurunkan polusi udara di Jakarta yang sudah semakin mengkhawatirkan.

Selain dibuat di Lebakbulus-Sisingamagraja, jalur khusus tersebut juga akan dibuat di kawasan-kawasan padat seperti Blok M-Kuningan. Pemilihan jalur teresebut dikarenakan banyak pekerja atau komunitas bike to works yang melakukan aktivitasnya di jalur tersebut. ”Di sana banyak perkantoran, jadi kita buatkan jalur tersebut,” jelasnya.

”Kalau tidak ada halangan, kami sudah memiliki jalur khusus sepeda tahun 2010 mendatang,” tukasnya.

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kirono menilai jalur khusus sepeda memang perlu dibuat. Karena, saat ini juga telah banyak pekerja yang memanfaatkan sepeda untuk menuju ke kantornya. ”Selain menyehatkan, bersepeda juga bisa mengurangi polusi,” tuturnya.

Condro menyarankan, jalur sepeda yang akan dibuat lebih baik bukan di jalan melainkan memanfaatkan trotoar. Karena, selain faktor keamanan jalur khusus tersebut juga bisa mengusir pedagang kaki lima yang memanfaatkan trotoar.

”Saya rasa bisa dibuat di trotoar, namun itu masih memerlukan kajian yang lebih dalam,” ujarnya. (badar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama