Gerakan One Man One Tree Terus Digalakkan


JAKARTA (wartamerdeka) -Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, berkomitmen melakukan gerakan one man one tree n biofori dengan menanam 700 pohon pada sejumlah titik jalan strategis di Kecamatan Kebayoranlama. Dengan ditanamnya 700 pohon baru hasil swadaya masyarakat, semakin menambah koleksi pohon pelindung dan pohon produktif di Jakarta Selatan yang mencapai 70.200 pohon.



Gerakan penanaman 700 pohon dipimpin langsung Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendi SH.MH yang memulai aksi penanaman pohon tanjung dan trembesi di sepanjang Jl Iskandar Muda,Jl Supeno,Jl Teuku Nyak Arif,dan Jl Ciputat Raya.


Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendi mengharapkan, masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan, dengan menanam pohon di sekitar lingkungan rumah masing-masing. Bahkan,dirinya telah menginstruksikan kepada jajarannya dan masyarakat agar ikut berpartisipasi menciptakan lingkungan bersih, sehat dan hijau.


"Diharapkan warga menanam pohon di lingkungan sekitarnya, paling tidak satu orang menanam satu pohon," ujarnya, saat menanam pohon di sepanjang Jl Iskandar Muda, Kebayoranlama, Jakarta Selatan, Sabtu (6/3).

Syahrul menambahkan, penanaman pohon ini hasilnya memang tidak bisa dirasakan saat ini. Tapi, akan dirasakan pada empat sampai lima tahun ke depan. Karena itu, agar cepat mendapatkan manfaatnya secara langsung, pihaknya menanam pohon yang tingginya sudah mencapai dua hingga tiga meter saja."Kita memang menanam pohon bukan dari tunas, agar lebih cepat besarnya," jelasnya.


Dikatakannya, kampanye penanaman pohon sejak tiga tahun terakhir ini juga dimaksudkan sebagai program untuk menyukseskan Jakarta Selatan untuk meraih Piala Adipura Kencana. Terlebih, sejak enam tahun berturut-turut, Jakarta Selatan mampu mempertahankan Piala Adipura dengan nilai yang selalu meningkat selama tiga kali berturut-turut. Karena itu, pihaknya berharap, ke depan kembali terjadi peningkatan nilai sehingga dapat memperoleh penghargaan itu kembali.


"Pohon-pohon yang kita tanam juga telah terdata, sehingga jika ada pohon yang mati akan langsung ditanam pohon baru sebagai penggantinya. Jadi tidak hanya sekadar menanam," katanya.


Di Kecamatan Kebayoranlama sendiri saat ini sebanyak 6.676 pohon sebelumnya telah ditanam. Jumlah ini, semakin lengkap dengan keberadaan Lubang Resapan Biopori (LRB) yang sudah mencapai angka 15.401 lubang. "Karena ini adalah program yang bagus,pihak kecamatan pun selalu berpartisipasi menghijaukan Jakarta Selatan,"ungkap Drs Budi Wibowo SH Msi Camat Kebayoran lama.(badar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama