Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Setelah Beberapa Kali Dapat Predikat Kota Terkotor, Akhirnya Kota Bekasi Raih Piala Adipura



Oleh: Dadang Hendi Herdyana

BEKASI- Setelah beberapa kali mendapat predikat sebagai kota terkotor, akhirnya pada tahun 2010 ini Kota Bekasi berhasil meraih Anugerah Piala Adipura.

Melalui Surat Kementrian Negara Lingkungan Hidup RI, bernomor B-4193/SES/LH/06/2010 tertanggal 4 Juni 2010 perihal Penerima Penghargaan Anugerah Adipura, Kota Bekasi bersama-sama dengan 8 kota metropolitan lainnya termasuk ke dalam kota-kota yang berhak untuk menerima anugerah Adipura.

‘’Ini berkat kerja keras jajaran Pemkot Bekasi dan didukung seluruh elemen masyarakat, ‘’ ujar Walikota Bekasi H Mochtar Mohamad saat memimpin apel pagi di Plasa Pemkot Bekasi, Senin (7/6), menyusul undangan yang diterima oleh Walikota Bekasi dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI untuk mengikuti acara penyerahan penghargaan Piala Adipura Tahun 2010 yang dijadwalkan berlangsung di Istana Negera, pada hari Selasa, tanggal 8 Juni 2010, pukul 09.30 WIB.

Ke delapan kota metropolitan peraih anugerah Adipura Tahun 2010 di antaranya, Kota Palembang, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kota Administrasi Jakarta Utara, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakart Barat dan Kota Bekasi.

Sementara, untuk kategori kota besar, Anugerah Adipura Tahun 2010 juga diberikan kepada Kota Malang, Kota Pekanbaru, Kota Yogyakarta dan Kota Balikpapan. Selain itu, untuk Kategori kota sedang, Anugerah Adipura Tahun 2010 diberikan kepada Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Jepara, Kota Probolinggo, Kabupaten Jombang, Kabupaten Gresik, Kota Madiun, Kabupaten Cianjur, Kota Banda Aceh, Kota Blitar, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Sidoarjo, Kota Pasuruan dan Kota Cimahi.

Raihan yang telah dicapai tersebut tentunya sebagai bukti atas kerja keras tiada henti yang telah ditunjukkan oleh jajaran Pemkot Bekasi serta seluruh elemen masyarakat Kota Bekasi yang saban minggu menggelar gerakan K3 dan aksi penanaman pohon.

Walikota Bekasi beserta jajarannya, dan tentunya masyarakat Kota Bekasi, kini boleh berbangga hati, pasalnya, kerja keras selama ini telah berhasil menorehkan sejarah baru bagi Kota Bekasi di usianya yang ke-13 tahun dengan anugerah tersebut.

Sebagai wujud rasa terima kasihnya atas kinerja jajarannya dalam mewujudkan anugerah Adipura, walikota menyempatkan diri menyalami satu per satu barisan apel pagi. Walikota juga menyampaikan apresiasinya yang diutarakan untuk seluruh elemen masyarakat yang telah membantu dan mendukung program K3 dan penanaman pohon selama ini. "Ini merupakan upaya masyarakat dan hasilnya pun untuk masyarakat," ujar walikota.

Setelah penghargaan tersebut diterima, Piala Adipura ini diarak keliling Kota Bekasi. Sejumlah pengurus organisasi dan tokoh masyarakat berserta jajaran Pemkot Bekasi tampak antusias turut serta dalam pengarakan tersebut, pada Selasa siang tadi.

Camat Bekasi Selatan Hudi Wijayanto tampak berseri-seri ketika ikut pengarakan Piala Adipura siang tadi. ''Kami senang dan bangga dengan peraihan Piala Adipura untuk Kota Bekasi ini. Semoga ini bisa memacu kita untuk lebih meningkatkan kebersihan, keindahan dan ketertiban Kota Bekasi,''ujar Hudi.

Sedangkan Lurah Kayuringin Jaya Herawan juga tampak sangat antusias mengikuti pengarakan Piala Adipura. ''Rakyat Kota Bekasi memang sudah lama mendambakan perolehan Piala Adipura ini. Berkat kerja keras Walikota Bekasi dan jajarannya hingga di tingkat kelurahan, RW dan RT serta partisipasi masyarakat, tahun 2010 ini, Kota Bekasi akhirnya bisa meraih Piala Adipura,''kata Herawan dengan semangat.

Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengawasan Pembangunan Bekasi (LP3B) M. Aris Kuncoro menyatakan bahwa semangat dan perjuangan Walikota Bekasi Mochtar Mohamad dan jajarannya dalam memotivasi masyarakat Kota Bekasi untuk berpartisipasi menjaga dan mengelola kebersihan, keindahan, dan ketertiban (K3) memang patut diacungi jempol.

‘’Kita harapkan agar hal ini bisa terus dipertahankan. Kalau bisa malah ditingkatkan. Jangan sampai hanya sekali ini saja kita meraih Piala Adipura,’’ujarnya.


Keterangan Foto: Walikota Bekasi H. Mochtar Mohamad (kiri) bersama Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti M. Hatta (tengah)--diunduh dari www.kotabekasi.go.id