Musabaqoh Hifdzil Quran Dibuka

Keterangan Foto: Sekda Rembang Hamzah Fatoni SH MKn

REMBANG-Musabaqoh Hifdzil Ouran (MHQ) pesantren VII tingkat Jawa Tengah dibuka Senin malam (27/09/2010) oleh Gubernur Jawa Tengah H.. Bibit Waluyo di pendopo rumah dinas Bupati Rembang. Pembukaan acara ini dihadiri 1000 orang peserta dan dihibur Rebana Joko Tingkir dari kecamatan Kragan.

Ketua Umum panitia penyelenggara yang juga Sekda Rembang Hamzah Fatoni SH MKn mengatakan, tujuan penyelenggaraan MHQ adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan mempererat Ukhuwah islamiyah melalui pemasyarakatan MHQ pada lingkungan Pesantren dan generasi muda, Disamping itu diharapkan dapat meningkatkan dan memacu prestasi jawa tengah, khususnya di bidang pengembangan tahfidzul Quran dan memperkokoh Ukuwah Islamiyah.

Menurut Hamzah fatoni, MHQ diikuti peserta dari utusan masing-masing kabupaten atau kota se jawa tengah, dengan ketentuan jenis lomba membaca alquran dengan hafalan mengandung aspek ketepatan dan kelancaran hafalan, serta ilmu dan adab membaca pedoman yang telah ditentukan. Dilaksanakan dalam 3 majelis, terdiri majelis I cabang Hifzh Al Quran 20 Juz golongan putra atau putri berlangsung di gedung sanggar seni Budaya Komplek rumah dinas Bupati, Majelis II Cabang Hifzh Al Quran 30 juz golongan putra dan putri berlangsung Dimasjid Agung Rembang, dan Majelis III Cabang Hifzh Al quran 30 Juz dan tafsir bahasa Arab putra dan putri berlangsung di pendopo rumah Dinas Bupati .

Hamzah fatoni menambahkan, Muzabagoh ini diselenggarakan dengan sistem Gugur. Qiraat yang digunakan adalah Qiraat Ashim Riwayat Hafsh dengan martabat murratal dan materi Maqra’ dan waktu penampilan. Untuk memperlancar penyelenggaraan MHQ bagi para khafilah, panitia meyediakan fasilitas penginapan, Posko kesehatan, Konsumsi, Transportasi, dan Keamanan. Penyelenggaraan MHQ berlangsung hari senin tanggal 27 dan berakhir tanggal 29 september 2010. Kegiatan tersebut akan dilangsungkan di 3 tempat yakni Pendopo Kabupaten, Sanggar Budaya dan Komplek masjig Agung Rembang(hasan/SK/wartamerdeka.com)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama