Buyer Korea Selatan Borong Telur Asin Rasa Udang di Arena TEI 2010

Keterangan Foto: Direktur Dagang Kecil Menengah dan Produk Dalam Negeri (DKMPDN) pada Direktorat Jenderal  Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan, Suhanto sedang mencoba makanan olahan kemasan produk UKM di Hall E.


JAKARTA-Direktur  Dagang Kecil Menengah dan Produk Dalam Negeri (DKMPDN) pada Direktorat Jenderal  Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan, Suhanto mengakui,   Pameran Pangan Nusa ke-5 tahun 2010 yang disandingkan dengan kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) kali ini  memang membawa berkah bagi pengusaha UKM. Khususnya pengusaha UKM bidang pengolahan makanan kemasan. 

“Jumlah pengunjung Pameran Pangan Nusa ke-5 kali ini juga lumayan banyak. Hari pertama, jumlah pengunjung Pameran  Pangan Nusa mencapai sekitar 2800 orang,”ujar Suhanto, hari Jumat (15/10/2010) kemarin.

Bahkan menurut Suhanto yang didampingi penanggungjawab pameran Agus Purwanto beserta stafnya Haryanto, pada hari pertama pameran transaksi eceran mencapai sekitar Rp 180 juta.”Itu belum transaksi dengan buyer luar negeri. Untuk transaksi dengan buyer luar negeri sedang kami data,” ujar Suhanto lagi.

Sedangkan pada hari kedua, transaksi eceran mencapai Rp 164.500.000.

Salah satu produk yang menonjol dalam transaksi pada hari pertama adalah telur asin rasa udang yang diproduksi Candi Jaya.

“Buyer dari Korea Selatan bahkan sampai memborong telur asin rasa udang ini dengan nilai Rp 22 juta,”tambah Suhanto.

 Telur asin rasa udang ini memang sangat unik, kata Suhanto, dan ini merupakan salah satu inovasi yang patut diapresiasi. “Menurut produsen telur asin unik ini, agar telur yang dihasilkan memiliki rasa udang, setiap hari bebek yang akan bertelur diberi makan udang. Jadi ketika bertelur, telurnya memiliki rasa udang,”ujar Suhanto.

Pameran yang digelar di tenda Pangan Nusa ini, meliputi sejumlah produk makanan olahan potensial daerah dan binaan Kementrian Perdagangan. Makanan olahan kemasan produksi UKM yang dipamerkan ini dinilai punya potensi ekspor yang lumayan besar. Selain telur asin rasa udang, produk-produk yang dipamerkan meliputi bandeng presto, sosis bandeng, krupuk ikan Bangka, krupuk udang, abon ikan tuna, ikan bilis, ikan mas balita, kripik lele dari Boyolali, abon ikan tuna pain, dodol rumput laut dari Nusa Tenggara Barat, ikan asin jambal dari Cirebon dan lain-lain. (aris kuncoro) 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama