Kapolres Rembang Aktif Rangkul Semua Elemen Masyarakat




Keterangan Foto: 

K
apolres Rembang AKBP Kukuh Kalis Susilo aktif bersilaturahmi dengan semua elemen masyarakat.


REMBANG-
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Rembang AKBP Kukuh Kalis Susilo semenjak alih tugas ke Rembang sekitar sebulan terakhir, terus aktif menjalin kemitraan dengan masyarakat. Seperti halnya pada hari Minggu siang, Kapolres mengadakan silaturahmi dengan Kepala Desa se-kabupaten Rembang yang tergabung dalam organisasi Paguyuban Guru Pandowo.

AKBP Kukuh Kalis Susilo sengaja menghadiri pertemuan rutin tiga bulanan agenda Paguyuban Guru Pandowo yang digelar di Balai Desa banyu urip kecamatan Gunem, bermaksud ssilaturahim sekaligus memperkenalkan diri sebagai pemegang tampuk jabatan Kapolres Rembang yang baru. Tidak ingin pertemuan terkesan kaku, begitu Kapolres Rembang diberi waktu mengisi acara, pihaknya langsung mengajak melakukan dialog dengan para kades karena ingin mengetahui aspirasi dari masyarakat secara langsung.

Menjawab rangkuman pertanyaan yang disampaikan beberapa perwaklan kades, Kapolres menyebutkan keinginannya agar kemitraan polisi dengan masyarakat harmonis. Implementasinya, Babinkamtibmas atau anggota kepolisian yang bertugas di desa harus terus menjalin komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat. Bersedia diajak serta mengikuti dan mengawal kegiatan masyarakat di desa yang berada dalam binannya.

Disebutkan AKBP Kukuh Kalis Susilo, seluruh jajaran Kapolsek juga telah diperintahkan agar lebih pro aktif mengamankan wilayah hukum kerja masing-masing. Mulai pekan  depan kegiatan patroli desa akan lebih diefektifkan, sebagai upaya pemantauan kondusifitas serta pencegahan tindak kriminal. Sehingga memberikan rasa aman dan nyaman terhadap warga.

Menurut Kapolres Rembang, upaya-upaya preventif untuk mencegah adanya kasus-kasus kekerasan massa seperti yang terjadi di Dresi kulon beberapa waktu lalu, harus dilakukan bersama antara aparat kepolisian dengan warga. Kejadian tersebut diharapkan tidak lagi terjadi, oleh karena itu pihaknya merangkul semua eleman masyarakat yang ada di wilayah hukum kerjanya, agar menjaga tali persaudaraan, menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan.

Ditegaskan, kepada Kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta warga diharapkan terus menjalin komunikasi aktif dengan Babinkamtibmas. Apabila muncul permasalahan cepat dicarikan solusi untuk menghindari munculnya tindak kekerasan sebagai cara penyelesaian. Sedangkan untuk para pemuda, pihaknya berencana melakukan pembinaan kepada karang taruna di setiap desa, untuk mengadakan kegiatan yang positif dan bermanfaat, sesuai dengan potensi yang dimiliki, supaya berpola pikir dan berperilaku positif.

Ajang tatap muka dimanfaatkan oleh kepala desa berdialog dengan Kapolres menanyakan seputar tugas pokok dan fungsi polisi. Mulai hukum, kemanan wilayah dan kebijakan-kebijakan kepolisian yang baru. Di akhir kegiatan Kapolres membagikan nomor telepon selularnya kepada seluruh kades yang hadir seraya memesan agar selanjutnya setiap ketua RT dan RW harus memiliki nomor telepon seluler Kapolsek setempat. Tujuannya untuk jalinan komunikasi dan koordinasi apabila di wilayahnya sedang terjadi masalah terkait kriminalitas atau kerusuhan massa.

Terpisah Ketua paguyuban Guru Pendowo yang juga Kepala Desa Dresi wetan Susilo Hadi menyebutkan, sejak dahulu sampai sekarang baru kali ini Rembang dipimpin Kaplores yang peduli wong cilik. Pejabat sebelumnya terkesan menjaga jarak dengan warga, hanya mengandalkan Kapolsek setempat berhubungan dengan anggota masyarakat.

Karena kali ini Kapolres Rembang ternyata peduli dengan masyarakat cetus Susilo Hadi, dihimbau kepada rekannya sesama kepala desa untuk meringankan tugass kepolisian. Caranya yakni menjaga kerukunan antar warga dan mencari solusi terbaik tanpa kekerasan dalam menyelesaikan masalah yang muncul antar desa.(hasan/kir)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama