>>>

Pipa PDAM di Rembang Rusak Terkena Alat Berat Proyek Pelebaran

Keterangan Foto: Aktivitas alat berat dalam pelebaran jalan di Rembang ternyata telah merusak sejumlah pipa PDAM.


REMBANG-Sejumlah pipa distribusi air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Rembang rusak terimbas proyek pelebaran jalan jalur Clangapan – Pamotan. Sampai hari Selasa (19/10/2010) tercatat sudah 7 kali pipa di bawah tanah putus terkena kerukan beghu, menjadikan luapan air meluber ke jalan. Kondisi jalan basah bercampur Lumpur itu tawan kecelakaan bagi pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda dan sewpeda motor. 
.
Kepala Bagian Tekhnik PDAM Suroso di lokasi kerusakan pipa, Selasa (19/10/2010) menjelaskan, di sisi utara jalan Clangapan – Pamotan, memanjang pipa utama dari mata air pemasok bahan baku yakni Sumber Semen di kecamatan Sale, sedangkan sebelah selatan jalan pipa berasal dari sumber mata air Mudal kecamatan Pamotan. Pipa tertanam pada kedalaman 1,5 meter tetapi karena aktivitas alat berat memicu getaran, membuat sambungan pipa merenggang.


“Jaringan pipa distribusi ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih pelanggan di kecamatan Rembang Kota. Kerusakan ini mengakibatkan suplay air ke tempat pelanggan jadi terganggu,” terangnya. 


Dia menyampaikan, pihaknya terpaksa harus menggeser beberapa pipa, karena sudah tidak memungkinkan lagi berada di tempat semula. Tetapi untuk jalur pipa utama dari Sumber Semen yang berada di samping utara sejumlah jembatan dia sudah koordinasikan dengan dinas terkait dan pelaksana proyek jika tidak bisa dipindah.


”Karena memindah satu titik saja membutuhkan anggaran penataan sampai 150 jutaan rupiah. Saya sarankan pelaksana proyek yang menggeser pelebaran jalan ke arah selatan,” cetus Suroso. 


Ditambahkan, karena pipa air menumpang di bawah ruang bahu jalan maka kerusakan atas pekerjaan proyek tidak dibebankan kepada pelaksana. Biaya perbaikan dan pemindahan pipa yang rusak, sepenuhnya ditanggung oleh PDAM.


“Setiap hari petugas bagian tekhnik terus berkeliling di lokasi pelebaran jalan, selain untuk checking juga untuk berkoordinasi dengan pelaksana proyek. Begitu mengetahui ada pipa terputus, segera kita benahi,” imbuh Suroso.(hasan/kir)
Pipa PDAM di Rembang Rusak Terkena Alat Berat Proyek Pelebaran Pipa PDAM di Rembang Rusak Terkena Alat Berat Proyek Pelebaran Reviewed by wartamerdeka on October 20, 2010 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.