Pemilukada Tangsel: Kubu Arsid-Andre Menggugat ke MK

TANGERANG - Kubu Arsid-Andre Taulany melayangkan gugatan hasil Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka menilai, pilkada Tangsel yang dimenangkan pasangan  Airin Rachmi Diany- Benyamin Davie diwarnai kecurangan. "'Kami sudah mengumpulkan bukti-bukti kecurangan mereka. Dan hari ini sekitar pukul 15.00 WIB, kami sudah mengajukan gugatan ke MK," kata Tim Sukses Arsid-Andre, Suryadi Nain,  Jumat (19/11/2010). 

Suryadi menyatakan, salah satu dugaan kecurangan adalah adanya penggalangan birokrasi secara massif serta tersistematis. Mereka juga mempersoalkan kinerja KPUD Tangsel yang dianggap tidak netral.

"Kinerja KPU sebagai penyelenggara juga terindikasi memenangkan salah satu pasangan calon dan carut marutnya DPT. Kita berharap banyak pada MK sebagai satu-satunya lembaga yang masih mungkin berpihak pada kebenaran," ujar Suryadi.

Andy Syafrany, salah satu kuasa hukum Arsid-Andre,  mengatakan pendaftaran gugatan ke MK dilakukan hari Jumat untuk menghindari batas waktu. Menurut Andy, pihaknya memiliki sejumlah bukti kuat mengenai ketidaknetralan birokrat Pemkot Tangsel dalam proses pilkada.

"Namun, semua bukti belum rampung. Kita masih banyak bukti yang harus kami kumpulkan," tegasnya. 

Sebelumnya, rapat pleno KPU Tangsel mengenai penetapan rekapitulasi suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangsel,  memutuskan pasangan nomor urut 4 yakni Airin-Benyamin mendapat perolehan suara terbanyak. Dalam hasil rekapitulasi suara Pilkada Tangsel yang ditetapkan Rabu (17/11), pasangan Arsid-Andre kalah tipis dari pasangan Airin-Benyamin. Pasangan nomor 4, Airin-Benyamin mendapat suara 188.893, sementara Arsid-Andre memperoleh 187.778. Perolehan suara pasangan Airin-Benyamin hanya berbeda tipis dengan pasangan Arsid-Andre: 1.115 suara.


Suyadi Naim yang merupakan salah satu saksi dari kubu nomor urut 3 pada saat  rekapitulasi di KPU Tangsel enggan  menandatangani berita acara rekapitulasi. Hal itu dikarenakan pihaknya menemukan banyak kejanggalan dalam Pilkada Tangsel.

"Hasil rekapan C1 atau data dari kelurahan TPS kita menang. Tapi kenapa begitu sampai kecamatan kalah?" tanya Andre Taulany.

Andre juga menyampaikan temuan di TPS Ciputat Timur. Menurut dia, di lokasi tersebut ada dugaan penggelembungan suara yang melibatkan petugas KPPS. Indikasinya terlihat dari formulir C6 atau undangan untuk memilih dibagikan pada masyarakat yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap.


"Dadi bukan soal menerima atau tidak menerima soal KPU. Tapi kami memiliki hak untuk keberatan," tutupnya.

Berikut ini hasil lengkap penghitungan suara di 7 kecamatan berdasar rekapitulasi yang digelar di Gedung Wisma Sahidah Kampus UIN Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Rabu (17/11/2010).

A. Kecamatan Serpong Utara

Pasangan Yayat Sudaradjat-Norodom Sukarno (1) mendapat suara 1.713
Pasangan Rodiyah Najibah-Sulaiman Yassin (2) mendapat suara 553
Pasangan Arsid-Andre Taulany (3) mendapat suara 16.781
Pasangan Airin-Benyamin (4) mendapat 18.056

B. Kecamatan Serpong

Pasangan Yayat Sudaradjat-Norodom Sukarno (1) mendapat suara 2.234
Pasangan Rodiyah Najibah-Sulaiman Yassin (2) mendapat suara 856
Pasangan Arsid-Andre Taulany (3) mendapat suara 24.288
Pasangan Airin-Benyamin (4) mendapat 18.541

C. Kecamatan Pondok Aren

Pasangan Yayat Sudaradjat-Norodom Sukarno (1) mendapat suara 3.481
Pasangan Rodiyah Najibah-Sulaiman Yassin (2) mendapat suara 1.770
Pasangan Arsid-Andre Taulany (3) mendapat suara 40.647
Pasangan Airin-Benyamin (4) mendapat 42.086

D. Kecamatan Ciputat

Pasangan Yayat Sudaradjat-Norodom Sukarno (1) mendapat suara 6.484
Pasangan Rodiyah Najibah-Sulaiman Yassin (2) mendapat suara 1.158
Pasangan Arsid-Andre Taulany (3) mendapat suara 25.387
Pasangan Airin-Benyamin (4) mendapat 32.041

E. Kecamatan Ciputat Timur

Pasangan Yayat Sudaradjat-Norodom Sukarno (1) mendapat suara 2.633
Pasangan Rodiyah Najibah-Sulaiman Yassin (2) mendapat suara 1.120
Pasangan Arsid-Andre Taulany (3) mendapat suara 22.503
Pasangan Airin-Benyamin (4) mendapat 26.352

F. Kecamatan Pamulang

Pasangan Yayat Sudaradjat-Norodom Sukarno (1) mendapat suara 4.671
Pasangan Rodiyah Najibah-Sulaiman Yassin (2) mendapat suara 1.663
Pasangan Arsid-Andre Taulany (3) mendapat suara 46.553
Pasangan Airin-Benyamin (4) mendapat 40.679

G. Kecamatan Setu

Pasangan Yayat Sudaradjat-Norodom Sukarno (1) mendapat suara 424
Pasangan Rodiyah Najibah-Sulaiman Yassin (2) mendapat suara 338
Pasangan Arsid-Andre Taulany (3) mendapat suara 11.619
Pasangan Airin-Benyamin (4) mendapat 11.136


TANGGAPAN  KUBU  AIRIN-BENYAMIN - Sementara itu menghadapi gugatan pasangan calon Arsid-Andre Taulany ke Mahkamah Konstitusi (MK), tim Airin-Benyamin ternyata telah menyiapkan gugatan balik terkait pelanggaran yang dilakukan oleh pasangan nomor urut tiga tersebut. Sekretaris Pemenangan Airin-Benyamin, Very Muhlis Ariefuzzaman mengatakan, berbagai bukti ratusan pelanggaran yang dilakukan Arsid-Andre telah ditemukan. 

Beberapa bukti kuat Arsid-Andre melakukan money politics kini tengah diproses oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel). "Kami siap melakukan gugatan balik kepada pasangan Arsid-Andre yang telah melakukan money politic," tegas Very di Tangerang, Jumat (19/11/2010).

Dikatakan Very, adanya dugaan praktik money politic ini terjadi di daerah dimana suara Airin-Benyamin turun drastis. Seperti di Serpong, Pamulang dan Setu. 

Selain praktik money politics, Veri menambahkan, berbagai kampanye hitam (black campaign), fitnah, dan kecurangan lainnya yang dilakukan oleh Arsid-Andre juga menjadi salah satu penyebab turunnya perolehan suara Airin-Benyamin.

"Kampanye hitam dan fitnah terhadap pasangan nomor 4 disebarkan secara masif lewat sms, selebaran, facebook dan buletin ikut memengaruhi turunnya perolehan suara Kita sudah punya data kuat dan saksi pelanggaran yang dilakukan Arsid-Andre. Sebagian sudah diproses di Panwas," Kata Very.

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Tangsel, M Fauzi mengatakan perolehan suara Airin-Benyamin diduga adanya berbagai hasutan, fitnah dan money politics yan dilakukan tim lawan. 

Inilah yang membuat suara Airin-Benyamin tak sesuai dengan hasil survei. Fauzi mengaku sangat kaget dengan hasil akhir Airin-Benyamin sangat tipis.ar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama