Kecamatan Kaliori Rembang Disiapkan Jadi Sentra Produksi Garam

REMBANG-Sebagai persiapan program nasional swasembada garam konsumsi 2012, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Rembang menetapkan kecamatan Kaliori sebagai sentra produksi garam. Pemerintah pusat telah mengalokasikan dana sebanyak 15 milyar untuk meningkatkan produksi garam kabupaten Rwmbang dan Pati. 

Kepala Bidang Pengawasan dan Perlindungan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Pamuji, dalam sosialisasi kebijakan menuju swasembada garam konsumsi di pendopo kecamatan Kaliori mengatakan, luas lahan potensial garam di wilayah kecamatan Kaliori sekitar 971 hektar, tersebar di 10 desa. Yaitu desa Tunggulsari, Tambakagung, Mojowarno, Dresi kulon, Tasikharjo, Dresi Wetan, Purworejo, Bogoharjo, Banyudono dan desa Karangsekar. "Untuk menyukseskan kecamatan Kaliori menjadi sentra produksi garam, kita bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan akan bekerjasama dengan PT Wahana Prakarsa Utama selaku konsultan," terangnya. 

Ia berharap dengan adanya program itu nantinya harga garam bisa dikendalikan oleh pemerintah seperti halnya harga kebutuhan pokok. "Mungkin akan dibentuk badan penyangga garam sebagai pengendali harga garam," tuturnya.

Sementara itu Ahmad Muhajir tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada kesempatan itu menjelaskan, kebutuhan petani garam di wilayah kecamatan Kaliori yang akan segera direalisasikan nantinya berupa normalisasi muara sungai dari laut menuju tambak, pelayanan penyangga dana, perbaikan transportasi dari tambak menuju gudang. "Yang mendesak harus segera dibangun dan gudang desa yang bisa menampung 15 ribu ton hingga 20 ribu ton garam," ungkapnya.

Ia menambahkan, perlunya dibangun sarana prasarana tersebut, karena selama ini petani garam di wilayah kecamatan Kaliori masih terkendala adanya saluran sungai yang dangkal, minimnya pendanaan dalam mengolah lahan dan metode pengelolaan tambak secara tradisional. "Kita harapkan bantuan stimulan dari pemerintah dapat digunakan dengan baik. Khususnya untuk menjadikan lahan garam di Rembang seperti di Madura, dapat berproduksi sepanjang tahun berkat metode meja garam," imbuhnya.(hasan)
Kecamatan Kaliori Rembang Disiapkan Jadi Sentra Produksi Garam Kecamatan Kaliori Rembang Disiapkan Jadi Sentra Produksi Garam Reviewed by wartamerdeka on December 03, 2010 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.