>>>

Bulog Sorong Salurkan Beras Raskin Kepada 39.000 Rumah Tangga Miskin



Laporan: Franky Pangkey 






Inilah potret warga miskin di Kota Sorong.


SORONG-Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sorong, Papua Barat,  hingga saat ini sebanyak 20.000 rumah tangga di Kota Sorong masih berada di bawah garis kemiskinan. Untuk mengatasi masalah itu, Bulog cabang Sorong membantu meringankan beban rumah tangga miskin tersebut dengan membagikan jatah beras untuk rakyat miskin (raskin) dengan harga murah dan terjangkau. Selain Kota Sorong, jatah raskin juga dibagikan ke lebih dari 13.000 rumah tangga miskin di Kabupaten Sorong, dan sebanyak 6000 rumah tangga miskin di daerah kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat.





Menurut kepala Cabang Bulog Sorong Mansur Siri, penyaluran Raskin dibagikan kepada 39.000 rumah tangga miskin yang tersebar di wilayah Kota Sorong. Kabupaten Sorong dan Kabupaten Raja Ampat. Raskin tersebut telah berhasil disalurkan dengan baik hingga Desember 2010. Penyaluran di lakukan hingga ke distrik-distrik. 

Untuk kota sorong dengan mempergunakan mobil, Kabupaten Raja Ampat menggunakan kapal luat karena daerah tersebut berbentuk pulau-pulau, sedangkan penyaluran Raskin di Wilayah Kabupaten Sorong ada yang mengunakan transportasi darat bahkan rumah tangga miskin yang ada di pelosok pedalaman harus menggunakan pesawat karena daerah tersebut tidak bisa di jangkau dengan mobil maupun kapal laut.




Mansur Siri menjelaskan, total beras raskin yang telah disalurkan Bulog Cabang Sorong kepada 39.000 rumah tangga  miskin di Daerah Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat hingga bulan desember 2010 mencapai 6000 ton, stok beras bulog hingga Januari 2011 mencapai lebih dari 3000 ton, sedangkan stok beras Bulog ahir bulan januari sampai Juli 2011 mancapai 6000 ton.



Mansur Siri menambahkan, stok beras Bulog untuk wilayah Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Raja Ampat untuk saat ini cukup aman. Jika harga beras di pasaran naik dan ada permintaan Pemerintah  Daerah tersebut untuk Operasai Pasar maka Bulog Cabang Sorong akan melakukan Operasi Pasar dengan harga beras murah dan dapat terjangkau untuk mambantu masyarakat.



Ditambahkan,  Bulog Cabang Sorong juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat dan Kota Sorong untuk membentuk tim pangan dengan melibatkan semua lini bidang pertanian. Hal tersebut dilakukan untuk membantu meningkatkan lapangan kerja, memberdayakan para petani lokal, sehingga ke depan Bulog dapat membeli beras lokal di wilayah Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat dan Kota Sorong.
Bulog Sorong Salurkan Beras Raskin Kepada 39.000 Rumah Tangga Miskin Bulog Sorong Salurkan Beras Raskin Kepada 39.000 Rumah Tangga Miskin Reviewed by wartamerdeka on January 03, 2011 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.