Wapemred wartamerdeka Raih Medali pada Lomba Tembak Danjen Kopassus Cup 2015

JAKARTA (wartamerdeka) - Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) wartamerdeka.com (kini wartamerdeka.info) Danny PH Siagian, berhasil meraih satu medali kategori khusus pada Lomba Tembak Danjen Kopassus Cup 2015
.

Lomba Tembak ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) atau Korps Baret Merah, yang jatuh pada tanggal 16 April 2015. Diantara berbagai lomba, lomba tembak bagi insan pers, nampaknya yang paling menarik.


Adapun medali yang diraih Danny adalah untuk kategori Posisi Gaya Menembak Terbaik bersama 4 wartawan lainnya dari media TV dan cetak. Sementara beberapa wartawan juga mendapatkan medali untuk kategori khusus lainnya, seperti: Penembak termilitan; Penembak tercantik; Penembak tercakep; Penembak tergondrong; Penembak terkompak; dan lain-lain.

Kendati kategori khusus ini bersifat eksebisi, namun para wartawan peraih medali sangat senang menerimanya. Tentu, untuk kategori yang benar-benar dengan penilaian menembak tepat sasaran, hanya ada 3 nomor, yakni untuk Juara I, II dan III.

Sebanyak 180 peserta dari berbagai media: TV, cetak, radio hingga media online, yang terdiri dari para Pemred hingga wartawan maupun juru foto. Lomba Tembak ini digelar bagi kalangan pers dan anggota TNI serta umum, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Lomba diadakan di Lapangan Tembak Kesatria dan Lapangan Rama Shinta, Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur sejak Sabtu hingga Minggu (11-12 April 2015).

Di awal acara lomba pada hari Minggu, para insan pers sebelumnya diberi pengarahan singkat oleh Instruktur dari Kopassus, untuk menggunakan senapan kita pakai MP-5 ukuran 5,56 mm. Senjata ini yang biasa digunakan pasukan khusus anti teror Kopassus.

Dalam kesempatan menembak, tiap wartawan menggunakan 3 peluru untuk percobaan, dan 5 peluru untuk penilaian. Para penembak membidik sasaran yang disiapkan, dan setelah itu, bersama-sama seorang anggota Kopassus sebagai pendamping untuk menyaksikan hasil tembakan.

Sementara dalam prakteknya, Danny Siagian hanya mampu mengenai sasaran 1 peluru dari 3 percobaan, dan 4 peluru untuk 5 butir penilaian.

“Wah, saya hanya mampu bidik sasaran 1 dari 3 peluru percobaan, dan 4 peluru dari 5 butir untuk penilaian. Sisanya meleset. Tapi, dahsyatnya pegang senjata itu..mantap,” kata Ketua II DPN PPWI ini dalam bincangnya dengan rekan pers, Minggu (12/04/2015) usai mengikuti lomba tembak.

Tentu, hal yang sama dirasakan oleh kebanyakan wartawan yang memang baru pertama kali menembak. Namun kesannya memang mengasyikkan.

Sementara itu, Danjen Kopassus, Mayjen TNI Doni Monardo dalam pidato penutupan lomba menembak, pada hari Minggu itu di Lapangan Kesatria mengatakan sangat senang atas banyaknya kalangan media yang terlibat dalam lomba tembak.

“Kopassus mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya bagi kalangan pers, yang turut berpartisipasi dalam Lomba Tembak dalam rangka HUT ke 63 Kopassus. Dan kita juga memiliki cara tersendiri untuk bisa akrab dengan kalangan media, dengan memberi penghargaan beberapa kategori khusus,” ucap Doni, yang disambut tepuk tangan dan tawa para wartawan.

Doni juga mengatakan sangat mengapresiasi penyelenggaraan Lomba Tembak kali ini, karena pesertanya paling banyak dari sebelum-sebelumnya. Diketahui, lomba tembak juga menyertakan para Purnawirawan TNI; anggota Kopassus/ TNI-Polri aktif; Anggota Keluarga Besar Kopassus; dan Sipil/ Umum.

“Saya sangat mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Lomba Tembak kali ini. Karena di hari pertama ada 875 peserta, dan hari kedua 504 peserta, termasuk diantaranya dari kalangan pers. Dengan total 1379 peserta lomba, ini merupakan peserta terbanyak dari sebelum-sebelumnya,” ungkapnya disambut tepuk tangan hadirin.

Bahkan mantan Danpaspampres ini juga mengapresiasi Ketua Penyelenggara, Kol. Inf. Thevi Zebua dan timnya, karena selama dua hari penyelenggaraan, tidak ada komplain dan yang cedera satupun.

“Saya juga tentu mengapresiasi Ketua Penyelenggara, Kol. Inf. Thevi Zebua dan timnya, karena tidak adanya komplain dan cedera satupun. Padahal ini sebenarnya mengandung risiko tinggi,” imbuhnya.

Dalam pesannya, Doni juga menyampaikan, bahwa Kopassus bukanlah orang-orang yang seram dan kaku. Karena Kopassus lahir dari rakyat, dan ingin selalu dekat dengan rakyat.

Selain Lomba Tembak, Panitia HUT Kopassus juga menyelenggarakan Lomba Mancing di kali Ciliwung (dengan 762 peserta); Lomba Menggambar dan Mewarnai Tingkat SD dan SMP di Mal Cijantung (dengan 548 peserta). Juga ada pembagian 10.000 bibit tanaman buah-buahan kepada masyarakat Cijantung, juga diberikan secara simbolis oleh Danjen Kopassus di hari berbeda.

Sementara itu diketahui, untuk acara Syukuran & Seremonial Peringatan HUT ke-63 Kopasus diundur ke tanggal 29 April 2015. Karena Kopassus juga bersiaga pada perhelatan Internasional Konferensi Asia Afrika (KAA) yang akan digelar di Jakarta dan Bandung dari tanggal 19-24 April 2015 nanti. (AR/DANS)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama