Cegah Penyalahgunaan Narkoba Disdik Karimun Gelar Rapat Koordinasi Dan Diskusi Bersama



KARIMUN (wartamerdeka.net) - Terkait maraknya pemberitaan tentang pelajar SMP yang terindikasi Narkoba, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri melakukan rapat koordinasi yang disertai dengan diskusi. 


Kegiatan ini dilakukan bersama kepala sekolah SMP se-Kabupaten Karimun dan dihadiri oleh Plh Setda Karimun, Muhammad Tang, Kasat Bimas Polres Karimun AKP Eriman, perwakilan Yayasan SADO Noorliza, Kabid-Kabid bersama kepala UPTD di lingkungan Disdik,Sabtu (23/09-2017) di aula SMP Negeri 02 Tebing Binaan Karimun.

Rapat koordinasi dan diskusi yang dilaksanakan Disdik bertujuan bagaimana langkah-langkah kedepan untuk melakukan pencegahan pelajar terhadap penyalahgunaan Narkoba, seks bebas dan kenakalan-kenakalan remaja di jaman sekarang ini. Terlebih lagi baru-baru ini banyak ditemukan dikalangan pelajar SMP yang terindikasi melakukan penyalahgunaan Narkoba.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun Bakri Haslam S Pd, MM Pd dalam acara rapat koordinasi dan diskusi ini mengajak kepada seluruh yang hadir agar dapat bersama-sama memberi saran-saran serta solusi untuk mencegahan terhadap kenakalan-kenakalan remaja saat ini dan bukan untuk mencari-cari kesalahan siapa. Karena ini bukan hanya tanggung jawab Disdik ataupun guru-guru sekolah tetapi tanggung jawab kita bersama.

Bakri Hasyim juga mengingatkan bahwa di usia SMP ini adalah usia mencari jati diri mereka,oleh karena itu kita harus bisa mengarahkan kemana arah mereka, terlebih lagi pengaruh perkembangan teknologi di jaman sekarang ini.

"Untuk itu diharapkan guru-guru dan kepala sekolah agar bisa mengarahkan pengaruh-pengaruh teknologi ini ke arah yang positif,karena ini merupakan tugas kita bersama dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkwalitas dengan dilandasi iman dan taqwa," ungkapnya.

Disamping itu Bakri Hasyim meminta kepada setiap sekolah-sekolah SMP untuk membentuk Satgas anti Narkoba yang terdiri dari siswa-siswa sekolah tersebut.

Dibentuknya satgas ini dengan tujuan untuk melirik teman-temannya yang dianggap terindikasi berbeda tingkah lakunya dengan teman-teman yang lain.

Satgas yang sudah dibentuk akan dibekali melalui pembinaan-pembinaan dan pelatihan-pelatihan,sehingga siswa-siswa yang ditunjuk sebagai satgas nantinya bisa menjadi mata-mata untuk melaporkan apa kegiatan teman-temannya,baik itu di sekolah maupun diluar sekolah.

Ditambah lagi setiap sekolah SMP harus meningkatkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler baik itu berupa kegiatan keagamaan,Pramuka,olahraga,kesenian dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Untuk selanjutnya masing-masing kepala sekolah mengundang para orang tua,untuk menyampaikan hasil dari rapat koordinasi dan diskusi ini,tentang bahayanya Narkoba yang ada di Indonesia pada umumnya serta tingkat bahayanya Narkoba bagi anak-anak kita.  (Sihat).  

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama