Headline

Soal Laporan Ketua BPD Ke Mapolres, Ini Tanggapan Kadis PMD OKU

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Drs Ahmad Firdaus MSi OKU (wartamerdeka.info)  -   Sejumlah warga Kabupaten Ogan Komeri...

Kebijakan Pengelolaan Sampah di Kabupaten Gorontalo Disosialisasikan


LIMBOTO (wartamerdeka) - Kebijakan pengelolaan sampah melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo disosialisasikan kepada para camat,  Ketua-ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Gorontalo,Lurah Se-Kecamatan Limboto di Aula rudis bupati Gorontalo yang dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Dr.Fory Naway,Sabtu (28/10/2017).


Dalam arahannya Dr.Fory naway sampaikan, Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang,berasal dari hasil aktifitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis.
oleh karena itu,tugas kita untuk menjaga kebersihan bukanlah hal yang mudah, disamping adanya dari sumber sampah rumah tangga,pertanian,perkantoran,rumah sakit,pasar juga ada sampah industri/Perusahaan  di harapkan masyarakat adanya kordinasi dengan dinas  kebersihan untuk pengelolaan sampah.
" Pengelolaan sampah akan lebih muda untuk pemanfaatannya, Peran serta masyarakat dengan menjaga kebersihan dengan meletakan sampah sesuai tempatnya, pentingnya peran serta masyarakat upaya penanganan persampahan," singkatnya.
demikian pula disampaikan Dr.Fory ,partisipasi masyarakat melalui dasa wisma,PKK desa, PKK Kecamatan dalam proses pengolahan sampah melalui 3 R sangatlah dibutuhkan.
"Adapun bentuk pengurangan sampah ada 3R (tiga aksi),adalah Reduce ( Mengurangi lahirnya sampah), Reuse ( Menggunakan kembali) dan Recycle (mendaur ulang sampah),"Jelas Dr.Fory.
selanjutnya Kata Fory,perlu pembentukan Bank sampah di kecamatan melalui Tim penggerak PKK untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat.
"selain itu juga,Gerakan PKK menanam dalam adaptasi perubahan iklim melalui PKK Gemilang atau gerakan menanam di Lingkungan,"ujar Dr.Fory
Wanita berlatar belakang dosen ini menghimbau kepada para undangan hadir agar senantiasa menumbuh kembangkan dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan persampahan.
seperti contoh penerapan konsep dalam kehidupan sehari-hari diantaranya,(1),Pintar memilih kemasan,(2) Gunakan produk yang tahan lama,(3) Gunakan kembali,(4),Kurangi limbah di lingkungan pekerjaan (5) ,Gunakan kekuatan konsumen.
sementara itu kepala dinas lingkungan hidup Syaiful kiraman dalam pengantat katanya menyampaikan,kegiatan sosialisasi bertujuan memberikan pengetahuan dan pengertian kepada masyarakat luas agar dapat meletakan sampah dengan baik sesuai dengan tempat masing masing dan menumbuh kembangkan dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan persampahan serta memberikan peningkatan kesadaran kepada masyarakat.  
Terutama, pentingnya pola hidup bersih dan indah tanpa sampah dilingkungan sekitar kita dengan baik dan selalu mengedepankan kepentingan masyarakat untuk terwujudnya kabupaten Gorontalo Gemilang masyarakat madani.
dibagian akhir kegiatan para undangan menerima materk dari Ivone Larekeng Kepala bidang pengendaluan ekosistim
dan konservasi SDA dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo tentang berbagai dampak yang ditimbulkan oleh sampah serta  pemanfataan  sampah menjadi hal yang berguna bagi kita untuk pemberdayaan mendatangkan nilai ekonomis dan nilai menjaga lingkungan sehat.(Irfan/Humas).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebijakan Pengelolaan Sampah di Kabupaten Gorontalo Disosialisasikan"

Posting Komentar