Nelson Paparkan Peranan Koalisi Nasional KPK


BOGOR (wartamerdeka) - Koordinator Nasional Koalisi Kabupaten Pemerhati kelapa (KPK) yang juga Bupati Gorontalo Prof Dr Nelson Pomalingo beberkan peran dan tugas KPK dalam pengembangan sektor kelapa di Indonesia,  saat menjadi Nara Sumber pada Focus Group Discussion, di Hotel Royal Juanda, Bogor,  Senin (20/11/2017).


Bupati Nelson paparkan peranan koalisi nasional Kabupaten pemerhati kelapa dalam pengembangan sektor kelapa di Indonesia. 

Saat ini kondisi sektor kelapa Indonesia dari hulu hingga  hilir yang dilanda banyak masalah. Indonesia masih kalah bersaing oleh Filipina dan India. 

"Demikian pula dari sektor indusrti banyak stop beroperasi atau tutup dikarenakan kekurangan bahan baku," katanya.

Lebih Lanjut Bupati Nelson menyampaikan,  masalah lain yang dihadapi indonesia kebun yang luasnya terus menurun 20 ribu hektar per tahun sejak 2003. 

Program peremajaan pemerintah hanya berkisar 17 ribu hektar per tahun
produktifitas pohon yang rendah hanya 40 butir per pohon per tahun. Dibandingkan dengan megara India 112 butir per pohon per tahun dan Srilanka 70 butir pertahun.

"Masalah lain lagi banyak petani kelapa Indonesia yang belum sejahtera.
Oleh karena itu,hal inilah yang mendorong konsep dan kegiatan awal pembentukan KPK KPK, " ujarnya. 

Hal ini,  kata Nelson,perlu kekuatan besar mendorong gerakan mengembalikan kejayaan kelapa di Indonesia

"Koalisi Kabupaten Pemerhati Kelapa merupakan kekuatan baru mitra kemitraan terkait untuk mendorong hal tersebut," ujar Nelson.

Koalisi Nasional KPK ini menjadi wadah pemersatu,  jembatan atau penghubung kerjasama antara kementerian terkait dengan pihak lain seperti APCC( asian and pasifik coconut community), COGENT, Asosiasi atau organisasi kelapa yang ada

Bahkan,Koalisi KPK sudah membentuk gugus tugas untuk menjadi think thank pengembangan kelapa nasional dengan pendanaan mandiri dari anggota koalisi.
oleh karena itu,

"Saya berharap pada kegiatan nasional Temu Nasional Kabupaten Pemerhati Kelapa di Kabupaten Gorontalo Pada tanggal 26-27 November 2017 bisa melahirkan ide,gagasan bersama untuk berkomitmen mengembalikan Kejayaan Kelapa di Indonesia. Komitmen kita versama KPK adalah 'Bangkitkan Kejayaan Kelapa Indonesia Menuju Kejayaan Bangsa dari Sabang sampai Merauke' ," tegas Nelson.

Kegiatan FGD tersebut turut dihadiri Sekretaris Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Gusty Ayu nda,  Ir Dedi Jumat di,  direktur pengolahan dan pemasaran hasil perkebunan ditjen perkebunan kementerian pertanian RI serta para pemerhati kelapa se -Indonesia. (Irfan/ar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama