Headline

Warga Cianjur Tumpah Ruah Di Alun-Alun Rayakan Penangkapan Bupati Oleh KPK

CIANJUR (wartamerdeka.info) - Ada peristiwa unik di Cianjur,  Jum’at (14/12/2018). Dua hari setelah operasi tangkap tangan (OTT) KPK ter...

Dukung Program Waduk Jatiluhur Jernih Gubernur Jabar Tebar Benih Ikan



PURWAKARTA (wartamerdeka) - Dalam rangka program Waduk Jatiluhur jernih Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan tebar 2,3 juta ikan bantuan Provinsi Jawa Barat di perairan Waduk Jatiluhur Kabupaten Purwakarta,  Jum'at (29/12/2017).


Program yang berkaitan dengan pengusahaan dan pengembangan budi daya ikan tangkap darat (cultured base fisheries - CBF) ini untuk memberdayakan kelompok masyarakat perikanan di sekitar waduk dalam upaya agar Waduk Jatiluhur mengalami penjernihan secara alami. 

Sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas air agar masyarakat dapat menikmati air yang bersih dan sehat serta menjamin keberlangsungan hidup manusia sesuai dengan upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mewujudkan kembali Sungai Citarum yang Bersih, Indah, Lestari (Bestari) dan Harum, dari hulu sampai hilir serta merekomendasikan tiga waduk yaitu Saguling, Cirata, Jatiluhur pada tahun 2018 harus Zero keramba jaring apung.

Selain Gubernur Jawa Barat acara tebar ikan ini dihadiri pula oleh kepala Dinas SDA Provinsi JawaBarat Kepala Dinas Perikanan Provinsi Jawa Barat, Wakil Bupati Purwakarta beserta jajaran Muspida Direktur Utama PJT II Direktur Pengelolaan Air PJT II Muspika Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta serta masarakat petani budidaya ikan.

Dalam kesempatan pidatonya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Hermawan mengatakan,  keberadaan Waduk Jatiluhur tidak dapat dipisahkan dengan program penataan Sungai Citarum karena Waduk merupakan pembersih sungai.

"Jika sungai kotor maka pengotoran tersebut dapat dinormalisasi melalui Waduk yang akhirnya air menjadi lebih bersih dan sehat hingga nilai ekonomi perairan tersebut dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, " papar Aher.
 
Hal senada juga di ungkapkan oleh Direktur PJT II Djoko Saputro. "Penebaran 2,3 juta ikan dari Pemprov Jabar menjadi langkah awal dan berkelanjutan untuk pembudidayaan perikanan darat dan pemberdayaan masyarakat agar ikut terlibat dalam menjaga keberlangsungan Waduk Jatiluhur supaya memberikan manfaat yang lebih baik bagi kehidupan,”ujar Djoko Saputro. (A.Budiman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dukung Program Waduk Jatiluhur Jernih Gubernur Jabar Tebar Benih Ikan"

Posting Komentar