FPII Gelar Mukernas 1


JAKARTA (wartamerdeka) - Ratusan anggota dan pengurus Forum Pers Independent Indonesia (FPII) dari Sabang sampai Merauke yang terdiri dari jajaran Setnas, Presidium, Setwil, Korwil Kota dan Kabupaten se-Indonesia mendatangi D' Hotel yang berada dikawasan Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/17).


Kedatangan para pengurus FPII yang merupakan pemilik serta jurnalis yang aktif di berbagai media, baik Cetak, Elektronik, Televisi dan Media Online tersebut dalam rangka menghadiri kegiatan Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) FPII ke 1 yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari hingga Minggu tanggal 3 Desember 2017.

Selain itu, hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya, Kapolri yang diwakili oleh Kepala Sub bagian Opinev Bag Penum Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia, Danramil Setia Budi, Kesbangpol Provinsi DKI, perwakilan dari Pemerintah Provinsi DKI, perwakilan dari beberapa organisasi wartawan dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Presidium, Kasihhati mengucapkan terima kasih atas kepada jajaran FPII dari seluruh Indonesia yang telah hadir dan kepada ketua panitia serta pihak yang telah mendukung hingga terlaksananya MUKERNAS FPII yang pertama ini.

Kasihhati juga menegaskan meskipun masih berusia seumur jagung, namun FPII memiliki integritas tinggi. "Untuk itu, kami mohon doa dan dukungan dari TNI, Polri serta Instansi Pemerintahan, Tokoh Masyarakat dan Organisasi wartawan lainnya agar FPII bisa diterima dan saling bersinergi," ungkap Kasihhati
   
Ia juga menegaskan, kepada seluruh anggota yang telah tergabung dalam FPII agar menjadi jurnalis yang mempunyai integritas tinggi serta menjaga marwah FPII.

"Saya selalu tekankan kepada semua anggota FPII agar menjadi Jurnalis yang mempunyai integritas tinggi serta jiwa pejuang sejati, bukan pecundang sejati dan selalu menjaga marwah FPII," tegas Kasihhati yang akrab di sapa Bunda.

Masih kata Kasihhati  bahwa FPII sejajar dengan Dewan Pers dan selaku penyeimbang. FPII lahir karena sering adanya kekerasan yang terjadi terhadap jurnalis yang tidak dapat terakomodir oleh Dewan Pers.

"Kami adalah penyeimbang dari Dewan Pers, kami FPII mau bersinergi dengan siapa saja. FPII lahir karena berbagai kekerasan yang diterima oleh para jurnalis selama ini dan kurang terakomodir oleh Dewan Pers, karena itu kami mendirikan FPII untuk mengakodir teman-teman yang tidak terakomodir oleh Dewan Pers," tuturnya.

Di tempat yang sama Kepala Sub bagian Opinev Bag Penum Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia, AKBP  Zahwani Pandra Arsyad mengapresiasi dan menyambut baik atas kehadiran FPII. 

Menurutnya, dengan hadirnya pengurus dan anggota FPII dari sabang sampai merauke dalam kegiatan MUKERNAS ini membuktikan bahwa negara NKRI ini betul-betul hidup berdampingan secara damai.

"Dengan jumlah 450 ribu personil polri yang harus memberikan pelayanan kepada 200 juta orang, tidak mungkin bisa menjaga kesatuan NKRI tanpa bantuan dan kerjasama jurnalis," tutur AKBP Zahwani Pandra Arsyad saat memberikan sambutan.

Disamping itu, mantan Kapolres Kabupaten Kepulauan Meranti ini juga mengatakan, dengan adanya Undang-Undang Pokok Pers dan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) saat ini, baik secara personal, lembaga, institusi maupun instansi pemerintahan tidak bisa lagi untuk tidak memberikan jawaban apapun terkait informasi yang dapat dipercaya, partisispasi dan obyektif untuk disampaikan kepada masyarakat luas.

"Seperti yang disampaikan pimpinan kami, yaitu Bapak Kapolri dalam strategi kepolisian, salah satunya adalah strategi dibidang kehumasan bahwa setiap Anggota Polri harus memiliki kemampuan public relation dan kemampuan public speaking untuk memberikan penjelasan," tegasnya.

Dia juga mengajak agar terus menjaga persatuan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pesta demokrasi di tahun 2018 dan 2019 mendatang. 

"Peran serta media tentunya harus dapat memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat serta bersatu padu dengan lembaga baik TNI, Polri dan Pemerintahan dalam membangun bangsa ini untuk menjadi lebih baik, aman, nyaman tentram dan damai," pungkasnya. (Pandi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama