Headline

Soal Laporan Ketua BPD Ke Mapolres, Ini Tanggapan Kadis PMD OKU

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Drs Ahmad Firdaus MSi OKU (wartamerdeka.info)  -   Sejumlah warga Kabupaten Ogan Komeri...

Pelayanan Publik Sistem Online di Kota Tasikmalaya, Inovasi Hindari Adanya Pungli

Kabag Organisasi Setda
Pemkot Tasikmalaya, H Deden SH

TASIKMALAYA (wartamerdeka) - Dalam rangka untuk mencegah adanya pungutan liar (pungli),  Pemerintahan Kota (Pemkot) Tasikmalaya menerapkan inovasi sistem pelayanan dengan cara menggunakan sistem online.


Pelayanan itu sudah bisa diakses di 30 Organisasi Perangkat daerah (OPD) yang ada. Sehingga bisa memudahkan masyarakat untuk mengurus segala adminstrasi.Tanpa harus ada pertemuan antara petugas dengan warga.

Kepala Bagian Organisasi Setda Pemkot Tasikmalaya, H Deden SH mengatakan saat ini Pemkot Tasikmalaya sudah menerapkan pelayanan system inovasi online.Jadi tidak hanya sekedar melayani secara manual saja.

“Mulai hari ini semua OPD itu melayani secara inovasi online.Adapun semua servernya itu berada di Diskominfo.Ini juga bagian dari smart city,”ujarnya di sela-sela inovasi pelayanan publik di Gedung Serbaguna, Senin (18/12/2017).

Dijelaskannya, upaya itu dilakukan untuk meningkatkan efisiensi operasional dalam mendukung pengambilan keputusan yang efektif.Sekaligus juga untuk membuka peluang keunggulan kompetitif bagi sebuah daerah.

“Mudah-mudahan sistem ini dapat menambah komitmen yang kuat bagi ASN dalam mengurus pelayanan public dengan berbasis teknologi,”ujarnya. 

Menurut Deden, terobosan sistem online itu meupakan sebuah tuntutan teknologi yang tak bisa di hindari.Serta tuntutan pelayanan cepat.Sehingga kehadirannya itu benar-benar suatu inovasi yang dibutuhkan.

“Implemantasinya itu alhamdulillah menggembirakan, karena ada inovasi berbasis waktu.Dalam artian itu kadang-kadang harus selesai berminggu-minggu, namun kini bisa selesai dalam tempo tiga hari saja,”terangnya.

Deden menambahkan,  saat ini Pemkot Tasikmalaya sudah memiliki 60 inovasi pelayanan publik itu.Pada 2016 itu hanya ada satu inovasi yakni Gema Madani.Namun pada tahun itu telah menyabet penghargaan dari pusat.

Dalam kegiatan gelar inovasi pelayanan publik itu juga diluncurkan aplikasi berbasis android yakni PemkotTsm-News yang digagas Diskominfo. Sebelumnya bulan lalu telah di launching twitter PemkotTsm.(Ariska).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelayanan Publik Sistem Online di Kota Tasikmalaya, Inovasi Hindari Adanya Pungli"

Posting Komentar