Headline

Inilah Wawancara Khusus Dengan Maria G Levitar, Selingkuhan Bupati Merauke Frederikus Gebze

"Saya Minta Janji Bupati Freddy Kepada Saya Ditepati, " Ujar Maria Maria Gabriella Levitar   JAKARTA (wartamerdeka.info) -...

Warga Kec Purbaratu Keluhkan Pencairan PKH Rastra


TASIKMALAYA (wartamerdeka) - Sejumlah warga keluhkan soal pencairan PKH Rastra yaitu bantuan non tunai berupa beras di wilayah kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya.


Ibu Euis dan Ibu Aeni, misalnya, mengeluh, mereka mempunyai kartu tersebut tapi tidak mendapat bantuan.

"Awalnya saya dapat satu kali,tapi sekarang aneh jadi nggak daparlt," ujar Ibu Euis dengan nada kecewa, tadi pagi.

"Saat saya tanyakan kepada petugasnya justru malah menjawab tidak tahu, malah mengarahkan saya untuk mengurus sendiri, tapi bingung saya harus kemana mengurusnya," ujar Ibu Aeni yang kartunya pernah hilang tapi setelah kartu dicetak lagi sudah tiga bulan tidak turun bantuannya. 

Terpisah, Iwan seorang aktivis  LSM mengomentari terkait hal ini. Menurutnya, data awal untuk penerima manfaat PKH diambil dari Basis Data Terpadu hasil PPLS 2011, yang dikelola oleh TNP2K. perlindungan sosial melalui pemberian uang non tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).  

"Peserta PKH akan menerima bantuan apabila menyekolahkan anaknya dengan tingkat kehadiran tertentu," ujar Iwan.

Kata Iwan, bantuan ini ada dua macam yaitu PKH tunai dan Rastra yang berupa beras 10 kg per bulan untuk satu orang pemegang kartu.

"Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai Program Conditional Cash Transfers atau Program Bantuan Tunai Bersyarat,"tambahnya.

"Namun saya juga tidak paham kenapa banyak sekali kasus seperti ini. Harusnya pendamping dan jajaran lainnya yang terkait hal ini harus peka terhadap tanggungjawabnya, " ujar Iwan. ( Hel )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Kec Purbaratu Keluhkan Pencairan PKH Rastra"

Posting Komentar