Ancol Kini Miliki Mesin Pembersih Pantai



JAKARTA (wartamerdeka) - Hamparan pasir putih sepanjang 3,5 KM terbentang dari pantai lagoon sampai carnaval Taman Impian Jaya Ancol. Area pantai yang menjadi destinasi favorit pengunjung berwisata ke Ancol terus dijaga kualitasnya.


Selain tenaga kebersihan yang diturunkan setiap hari, kini Manajemen Taman Impian Jaya Ancol menambahkan sebuah alat untuk membersihkan pasir putih tersebut.

Beach Cleaner atau mesin pembersih pantai didatangkan langsung dari Amerika Serikat. Alat ini dihadirkan pada akhir 2017. Berfungsi sebagai penyaring pasir dari sampah atau kotoran yang berada di permukaan maupun di dalam pasir.

Cara kerjanya, alat ini akan melewati pasir dan menyerap sampah sekaligus memisahkannya dari pasir tersebut. 

Dengan sistem vacum (penyedotan) seluruh sampah yang terangkut akan terpilah dan menumpuk di bak yang terdapat dalam alat beach cleaner. Daya tampung sampah dalam bak tersebut sekitar 1.500 kg atau setara dengan 1,5 ton sampah. Alat ini mampu membersihkan area pantai seluas 7ha perjam.

Dioperasikan tiga kali dalam seminggu dengan kisaran waktu 2-3 jam diharapkan alat ini dapat menjaga kualitas pasir pantai Ancol.

"Kami melakukan investasi tidak hanya dengan penambahan pasir putih sepanjang 3,5 KM tetapi juga hadirkan beach cleaner agar pengunjung nyaman menikmati pantai Ancol", kata Teuku Sahir Syahali, Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol,  Kamis (4/1/2018). 

Sebagai destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan terutama keluarga dan anak-anak, Manajemen Ancol senantiasa memperhatikan seluruh aspek yang menunjang kenyamanan pengunjung agar selalu gembira rekreasi di pantai Ancol.

Namun Manajemen juga berharap agar wisatawan yang berekreasi di area pantai ikut menjaga kebersihan pantai untuk membuang sampah pada tempatnya. Sebab tempat sampah juga tersedia sangat cukup di sepanjang area pantai. Terlebih sampah yang dihasilkan kebanyakan kemasan makanan dan minuman serta puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Sebagai himbauan, Manajemen juga terus mengingatkan pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan pantai melalui spanduk maupun pengeras suara oleh petugas penjaga pantai.

Dengan pantai yang bersih maka rekreasi akan semakin nyaman.(ar) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama