Pangdam II/Sriwijaya Lakukan Patroli Pantau Titik Api di OKI


PALEMBANG (wartamerdeka.info) - Menjelang Asian Games XVIII yang akan digelar pada tanggal 18 Agustus 2018 di Kota Palembang mendatang, upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terus dilakukan untuk mendukung Provinsi Sumsel bebas dari asap. Salah satunya dengan patroli bersama Kodam II Sriwijaya, Polda Sumsel, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel.

Dengan menggunakan Helly Air Bass PK-RTM milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumsel, baru-barunini, rombongan Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan Kepala BPBD Sumsel Iriansyah, melakukan patroli udara Ground Check Hotspot terutama di wilayah Kayu Labu dan Cinta Jaya, Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, yang dilaporkan adanya sejumlah titik api di wilayah tersebut.

Dari hasil pantauan udara yang dilakukan Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., dan rombongan, tampak beberapa titik api dimana sebagian besar lahan yang terbakar merupakan lahan gambut, yang berlokasi di wilayah  Kabupaten Ogan Ilir (OKI).

Tidak hanya itu, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto dan rombongan turun langsung kelokasi lahan yang terbakar dan melakukan upaya pemadaman di Desa Pandamangan Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), sekaligus untuk memastikan upaya Satgas Karhutla dibawah Dansatgas Karhutla Provinsi Sumsel (Danrem 044/Gapo) Kolonel Inf Imam Budiman beserta Regu Pemadam Kebakaran (RPK) tiap perusahaan bersama dengan Masyarakat Peduli Api (MPA). Api berhasil dipadamkan dan selanjutnya dilakukan proses pembasahan lahan menggunakan helly (Water Boming).

Sementara itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Gabungan TNI, Polri dan BPBD yang telah dibentuk bersama Pemerintah Provinsi Sumsel semakin gencar dalam upaya menangani kebakaran hutan dan lahan menjelang Asian Games.

Pangdam II/Swj telah memerintahkan kepada seluruh jajarannya agar lebih gencar melakukan upaya-upaya pencegahan melalui patroli terpadu, menyebarkan maklumat larangan membakar lahan dan memberikan penyuluhan dan himbauan kepada masyarakat secara persuasif agar tidak membuka lahan maupun kebun dengan cara membakar.

Kegiatan Patroli bersama ini merupakan sinergitas kegiatan yang harus terus dilakukan guna mewujudkan stabilitas keamanan Nasional, dalam rangka mensukseskan Asian Games XVIII 2018 khususnya di wilayah Sumbagsel. (Badar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama