SMP Muhammadiyah 3 Karangpucung Akan Melaksanakan Akreditasi


CILACAP (wartamerdeka.info) - Akreditasi adalah pengakuan dan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS)/ Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) .

Kemudian hasilnya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan. Akreditasi ini dilakukan dengan membandingkan keadaan sekolah yang sebenarnya dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. Sekolah akan mendapatkan status “terakreditasi” jika keadaan sekolah yang sebenarnya telah memenuhi kriteria standar yang telah ditetapkan.

Seperti yang sedang dipersiapkan SMP Muhammadiyah 3 Karangpucung, untuk mencapai pengakuan peringkat kelayakannya saat ini sekaolah yang bertempat di Desa Ciruyung Kecamatan Karangpucung tersebut sedang mengadakan persiapan menjelang akreditasi.

Berbagi persiapan sudah dilakukan sekolah yang berdiri tahun 2006 ini, diantaranya mempersiapkan administrasi sekolah, sarana dan prasarana serta kebutuhan untuk penilaian akreditasi lainnya.

Kamyo, SPd Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 Karangpucung mengatakan, persiapan tersebut saat ini sudah hampir rampung. Meskipun ada yang belum bisa disajikan untuk penilaian akreditasi nanti. "Ada yang beum bisa kami sajikan, adalah laboratorium untuk praktek siswa. Sedangkan fasilitas seprti mushola, toilet, perpustakaan dan lainnya sudah ada," jelasnya, kemarin.

Empat tahun sebelumnya, SMP swasta yang memiliki 150 dan siswa 13 guru ini mendapat akreditasi B. Tapi Kamyo berharap, untuk akreditasi kali ini akan mendapatkan nilai A.

Untuk jadwal pelaksanaan akreditasi sendiri pihak sekolah belum mengetahui penjadwalannya. "Kami masih menunggu jadwal pelaksanaannya, dan sampai saat ini dari pengawas sendiri belum memberikan jadwalnya," terang Kamyo.

Agus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama