Lebih 2000 Orang Hadiri Rapot Bolon Pomparan DOLN Sihombing Lumbantoruan

Foto: Naposo/pemuda Datu Lobi (Datu Lobi Youth Community) bersama pengurus
JAKARTA (wartamerdeka.info) - Lebih dari 2.000 orang hadiri Pesta Parolop-olopon dan Rapot Bolon (Musyawarah Besar/Mubes) Punguan Pomparan Datu Ompu Lobi Nasumurung (Datu Lobi) Sihombing Lumbantoruan Boru-Bere Se-Jabodetabek.

Acara tersebut berlangsung di Gedung Mulia Raja, Kebon Nanas, Jakarta Timur, Minggu, 26 Agustus 2018. Selain dari Jakarta dan sekitarnya, juga hadir undangan dari berbagai provinsi maupun kabupaten/ kota antara lain, Lintongnihuta-Humbahas,  Bandung, Sidikalang, Medan, Siantar, Dairi, dan Palembang.

Beberapa tokoh Batak diantaranya, mantan Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Drs. Maddin Sihombing, MSi., mantan Dubes RI, Drs. Mangasi Sihombing dan St. Mula Sihombing. Anggota DPR RI Sukur H. Nababan/br. Silaen mendapat lelang ulos dan songket yang diwakilkan kepada Kol. TNI (P) Tagor Sihombing, SIP,  MM/br. Sianipar.

Sementara Alpa Sihombing dan Pajok Sihombing hadir masing-masing mewakili Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan Jabodetabek dan Punguan Datu Parulas, yang masih merupakan kerabat dekat Sihombing Lumbantoruan.

Tema di acara ini, "Sungguh alangkah baiknya dan indahnya apabila saudara saudara diam dengan rukun" dan subtema "Melalui pesta parolop-olopan tahun 2018, kita tingkatkan kebersamaan dan gotong royong dalam suka dan duka."

Ibadah syukur kala itu dipimpin oleh Pdt. Benni H. Sihombing STh. Dalam kotbahnya, Pdt. Benni meminta agar keturunan Datu Lobi bersatu hati dan mau mengalahkan ego. Bila tidak bisa mengalahkan ego, tidak mungkin ada kesatuan.

Usai ibadah diadakan rapat bolon yang dipimpin langsung Dewan Adat Pomparan DOLN dengan agenda utama melantik pengurus Pomparan DOLN yang baru periode 2018-2023 yang diketuai Sahat Lumbantoruan.

Sebelumnya, pengurus lama periode 2014-2018 yang dinakhodai Hasan Sihombing/br Siregar melaporkan pertanggungjawaban pengurus dan diterima dengan baik oleh para pimpinan Dewan Adat Pomparan DOLN.

Pelantikan pengurus pomparan DOLN 2018-2023 ditandai dengan pemakaian topi adat, penyematan pin, penyerahan tongkat estafet kepimpinan dan bendera pataka organisasi kepada Ketua Umum (Ketum) DOLN periode tahun 2018-2023, Sahat Lumbantoruan yang diserahkan salah satu Dewan Adat DOLN, Humala P. Sihombing/br Panggabean didampingi St. Rotua Lumbabtoruan, St. Drs. Chrisman Sihombing dan Drs. Ronald M. Sihombing. Ketok palu pelantikan oleh Thurman Sihombing sebagai Ketua Dewan Adat.

Adapun susunan Pengurus Datu Lobi Jakarta dan Sekitarnya Periode 2018-2023, antara lain, Sahat Lumbantoruan/br Panggabean (Ketum), Drs. Monang Sihombing/br Nadeak, SE (Sekretaris Umum), Djalan Sihombing SH/br Sinaga (Sekretaris I), Toruk Sihombing/br. 
Simbolon (Sekretaris II), Ir Tumpal M Hutajulu/br. Sihombing (Bendahara Umum), Drs Hadiando Rajagukguk/br Lumbantoruan (Bendahara I), dan Immanuel Ambarita SE, MM, MH/br Sihombing (Bendahara II). Sedangkan ketua bidang paradaton dipegang oleh Hasan Sihombing/br. Siregar.

Ketum DOLN 2018-2023, Sahat Lumbantoruan, mengutarakan, dalam menjalankan roda organisasi yang kini telah memiliki anggota sekitar 1350 KK ini akan berorientasi mempererat tali persaudaraan baik dalam suka dan duka.

"Kita akan mempererat dan mempersatukan punguan ini agar tetap selalu eksis kedepan. Kami pengurus mengajak siapapun di punguan ini untuk berbuat demi kemajuan punguan ini kedepan," ujar Ketua Umum kepada media, disela acara.

Menurut Ketua Panitia, Monang Sihombing, keberhasilan pesta tetsebut sangat didukung pengusaha marga Sihombing, seperti Donald Sihombing, dan pengusaha lainnya. Juga dukungan diperoleh dari anggota DPR RI,  Sukur Nababan, ST dan donatur lainnya.

Selain itu, peran serta naposo/pemuda Datu Lobi (Datu Lobi Youth Community) yang diketuai Jhonson Lumbantoruan, SE., dalam acara pesta ini sangat luar biasa. Mereka terlibat aktif dalam kegiatan besar seperti ini.

“Ternyata generasi millenial masih memperhatikan dan bisa berperan aktif dalam perhelatan budaya Batak seperti ini. Apresiasi yang tinggi kami ucapkan ke pemuda Datu Lobi,” ungkap Sekretaris Panitia, Djalan Sihombing, yang juga terpilih sebagai Sekretaris I periode kepengurusan baru.

Yang cukup menarik, tortor anak-anak yang diikuti lebih dari 150 orang dan tortor remaja dan pemuda diikuti lebih dari 100 orang. Mereka antusias dan bersukaria manortor dengan gerakan yang lincah dan energik.  Tortor dipandu St. T. Harapan Sihombing dan didukung musik tradisionil group Korem Sihombing.

Dari penelusuran, Rapot Bolon (Musyawarah Besar/ Mubes) seperti ini dalam masyarakat Batak, umumnya merupakan acara pergantian pengurus secara periodikal. Secara teknis, biasanya sudah ada kandidat Pimpinan Pengurus yang dimusyawarahkan sebelum acara puncaknya, melalui rapat-rapat Dewan Pengurus.

Tentu, pengesahan dan pelantikan sekaligus digelar dalam upacara besar seperti ini, menjadi momentum yang sangat penting disaksikan seluruh anggota Keluarga Besar marga bersangkutan.  Sehingga seluruh anggota juga dapat menyaksikan dan mengetahui secara langsung, siapa saja jajaran pengurus baru pada periode baru pula. (DANS)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama