Headline

Timbangan Merapi Difungsikan Kembali

LAHAT  (wartamerdeka.info) -  Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat wilayah VII Provinsi Sumatera Selatan dan Pro...

Danramil Simpang Empat Pantau Danau Gunung Sinabung


KARO (wartamerdeka.info) - Dansatgas gunung api Sinabung Letkol Inf Taufik Rizal yang di wakili oleh Koramil 04/SE Kapten Kav J. Surbakti  melakukan pemantauan ke lapangan. 

Hal ini dilakukan,  nengingat masih rawannya terjadi erupsi gunung Sinabung dan mengalirnya lahar dingin yang kapan saja bisa terjadi di zona merah gunung Sinabung 

Pemantauan ini dilakukan Jumat (28/9/2018) kemarin. Dalam pemantauan ini melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) beserta masyarakat. 

Mereka melaksanakan patroli ke zona merah langsung menuju lokasi yakni ke desa Berzastepu, Kuatonggal, dan desa Sukanalu Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo.

Petugas Koramil Simpang Empat yang dikomandoi Kapten Inf J Surbakti yang didampingi Camat Naman Teran Dwikora Sitepu ketika di konfirmasi wartawan di desa Sukanalu mengatakan, dirinya tak  habis pikir melihat masyarakat masih banyak beraktivitas di zona merah. 

"Entah berapa kali sudah dibilang bahwa status gunung Sinabung ini masih awas (level IV) bahkan di setiap acara atau ada kegiatan di balai desa, selalu kita sampaikan kepada warga agar jangan melakukan aktifitas di zona merah, tapi selalu ada saja ada orang yang mau menerobos ke danau ini, seakan-akan tidak ada lagi kerjaan kita selain mengawasi warga ini,” ujarnya. 

Dikatakan,  tadi dirinya bersama anggota memantau dan mengecek wilayah ini hingga dia terpaksa  obrak-abrik semua fasilitas memancing yang ada di danau Sinabung itu. 

Sementara itu petugas Vulkanologi Gunung Sinabung Armen Putra yang berada di Jln Kiras Bangun tepatnya di desa Ndukum Siroga Kec Simpang Empat Kab Karo ketika di konfirmasi wartawan tentang status gunung Sinabung Armen mengatakan, walaupun gunung Sinabung tidak mengeluarkan abu vulkanik tapi asapnya selalu keluar, bahkan gempa gempa kecil pun selalu terjadi. 

"Makanya kami pun selaku petugas vulkanologi gunung Sinabung ini meminta kepada warga atau tamu wisata janganlah memasuki ke zona merah khususnya aliran sungai Lau Borus, karena tanggul yang ada di danau itu tidak tau kapan jebolnya,” ucapnya.

Ditambahkannya lagi, seandainya nanti erupsi Sinabung terjadi, siapa tahu nanti ada korban jiwa, petugas dan Dansatgas juga disalahkan. 

"Jadi sekali lagi kami ingatkan , janganlah melakukan aktifitas di zona merah," tandas Armin. (Flaia)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Danramil Simpang Empat Pantau Danau Gunung Sinabung"

Posting Komentar