Headline

Jembatan Kali Genteng Di Pekalongan Ambruk, TNI - Polri Amankan Lokasi

PEKALONGAN (wartamerdeka.info) - Jembatan Kali Genteng yang menghubungkan Desa Bojongkoneng dan Kandangserang putus, kabupaten Pekalongan...

Ketua Umum Lugas Zuhdie Ingatkan Pentingnya Pendidikan Moral Pancasila Dalam Masyarakat Yang Plural

Ketua Umum Organisasi Kepemudaan (OKP) Lumbung Generasi Sehat (Lugas) Kabupaten Karimun, Zuhdie

KARIMUN (wartamerdeka.info)  -   Sikap intoleransi yang kini menghinggapi sejumlah kecil anggota masyarakat bisa mengancam nilai-nilai nasionalisme di  Indonesia  yang  terdiri dari beragam suku, agama, ras dan golongan.

Apa lagi di era zaman digital sekarang ini,  dimana semua orang dapat mempublikasikan apa saja di Media Sosial (Medsos). 

Hal ini diungkapkan  Ketua Umum Organisasi Kepemudaan (OKP) Lumbung Generasi Sehat (Lugas) Kabupaten Karimun, Zuhdie saat diwawancarai, dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda Ke-90, di Skripsi Coffee,  tadi pagi.

Untuk mengatasi hal itu, katanya,  Pendidikan Moral Pancasila yang  sudah lama teruji sebagai pemersatu bangsa harus dihidupkan kembali di sekolah - sekolah.

Menurut Zuhdie, butir-butir Pancasila yang mengandung nilai-nilai kepribadian bangsa, perlu disosialiasikan kepada  seluruh masyarakat. 

Pendidikan Moral Pancasila (PMP) ini perlu diimplementasikan oleh para pemangku kepentingan, baik itu di Instansi Pendidikan maupun instansi lainnya. 

"Yang perlu diperhatikan kembali adalah bagaimana  PMP bisa diterapkan secara efektif  kepada  putra-putri bangsa secara komprehensif dan humanis, sehingga benar-benar menjadikan para peserta didik,  tidak hanya cakap secara intelektual tetapi anggun dalam moral, " ujarnya. 

Zuhdie juga menambahkan, pendidikan moral Pancasila sebaiknya diberikan mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Agar dapat memberikan pengetahuan dan pembelajaran tentang kerukunan dan toleransi antar umat beragama. 

"Ini menyangkut masa depan generasi bangsa kita agar tetap hidup rukun dan damai," tutup Zuhdie.   (Sihat)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketua Umum Lugas Zuhdie Ingatkan Pentingnya Pendidikan Moral Pancasila Dalam Masyarakat Yang Plural"

Posting Komentar