Peringati Hari Batik, Ratusan Anggota Dharma Pertiwi Membatik Bersama


PEKALONGAN (wartamerdeka.info) -  Dalam rangka memperingati hari batik dan memeriahkan Hari Ulang Tahun TNI ke-73, ratusan anggota Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto Daerah D, membatik bersama di Pendopo Bupati Pekalongan,  Selasa (2/10/2018).

Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto Daerah D Ny. Anita Dhani Wardana saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan membatik bersama dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan total lebih dari lima ribu orang sekaligus memecahkan rekor Muri. Khusus untuk di Kabupaten Pekalongan ada sekitar 150 anggota yang mengikuti.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan batik sebagai salah satu kekayaan bangsa serta dapat mengenalkan batik ke seluruh penjuru dunia", katanya.


Menurutnya, kegiatan yang mengambil tema membatik merekatkan kebinekaan nusantara tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kembali kecintaan terhadap warisan budaya leluhur dan dapat merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan yang juga istri Bupati Pekalongan Ny. Munafah menjelaskan, momentum hari batik sudah selayaknya dijadikan sebagai semangat untuk kembali melestarikan batik, apalagi Kabupaten Pekalongan sebagai salah satu kabupaten penghasil batik di nusantara.

"Kabupaten Pekalongan sebagai kota pusat legenda batik sudah selayaknya menguri-uri budaya batik, karena menjadi salah satu kota penghasil batik di Indonesia. Kekayaan batik di nusantara sangat khas dan sarat makna filosofi dari masing-masing daerah", ujarnya.

Pihaknya berharap ke depan batik nasional dapat terus lestari, menjadi kebanggaan warga Indonesia dan dapat menjadi aset yang bisa terus dikenalkan diseluruh dunia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama