TNI Berikan Penyuluhan Rumah Sehat Di Kel Pondok Jaya


DEPOK (wartamerdeka.info)  - Giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 di Depok dengan sasaran non fisik berupa penyuluhan kali ini diberikan kepada puluhan warga Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Rabu (24/10/2018).

Penyuluhan mengambil tema berupa pengetahuan tentang standar rumah sehat dan layak huni yang digelar di aula Kantor Kelurahan Pondok Jaya.

Pengawas giat non fisik TMMD ke 103, Kapten Arh Ema Suherman mengatakan tujuan dilaksanakannya penyuluhan ini agar warga lebih memahami mengenai standar rumah sehat dan layak huni.

Sebab kata dia tidak sedikit warga yang memiliki rumah besar dan mewah namun tidak memenuhi standar rumah sehat.

"Untuk sampai dinyatakan rumah sehat dan layak huni tidak harus mahal dan mewah. Tapi mesti memperhatikan beberapa aspek tertentu. Sehingga dengan rumah sehat dan layak huni, tentunya akan jauh lebih nyaman ditempati," kata dia.

Ia berharap penyuluhan yang diberikan oleh petugas Puskesmas Cipayung ini akan benar-benar diaplikasikan warga membuat rumah sehat yang layak huni.

"Sehingga dengan rumah sehat dan layak huni, maka kesehatan penghuninya juga terjaga baik," kata dia.

Rahmawati selaku perwakilan UPTD Puskesmas Kecamatan Cipayung, yang menjadi narasumber menjelaskan sejumlah hal standar yang harus dilakukan agar rumah bisa dinyatakan rumah sehat dan layak huni.

"Diantaranya, rumah sehat dan layak huni wajib memiliki ventilasi udara yang cukup, memiliki pencahayaan alami yang baik, berlantai seperti ubin, keramik, semen, atau kayu. Kemudian juga meski memiliki atap dan langit-langit, memiliki pembuangan limbah, memenuhi kebutuhan air bersih, dan memiliki pembuangan asap dari dapur rumah sehingga tidak menyebabkan polusi udara di saat memasak," katanya.

Semua keadaan itu katanya mesti dipertahankan dan dirawat terus menerus termasuk kebersihannya.

Ke depan, ia mengajak warga untuk mewujudkan rumah yang terawat, sehat, rapi dan bersih.

“Tidak semua dari kita paham dan mengetahui tentang apa rumah sehat dan layak huni ini. Bahkan hingga saat ini, saya yakin masih banyak masyarakat yang tidak memiliki atau menempati rumah layak huni,” kata Rahmawati.

Menurutnya, tempat tinggal yang layak huni dan bersih sangatlah penting. "Karena akan sangat berpengaruh pada kesehatan penghuninya," kata dia.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh peserta dapat menyampaikan informasi yang diperoleh dari penyuluhan yang diberikan ini, ke kerabat atau tetangga atau masyarakat lain agar juga memahami dan menerapkannya di lingkungannya. (AR)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama