Warga Binaan Rutan Baturaja Ubah Bahan Limbah Jadi Barang Bernilai Seni


OKU (wartamerdeka.info) -  Warga binaan Rutan rumah tahanan (Rutan) Baturaja berhasil mengubah bahan limbah menjadi aneka kerajinan yang menarik.

Seperti limbah dari koran bekas diubah menjadi patung, Asbak dan lain-lain,  yang bernilai seni tinggi dan sudah dipasarkan di Baturaja,

Aneka kerajinan warga binaan Rutan Baturaja Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan ini menjadi suatu karya anak bangsa yang bernilai seni dan berhasil menarik perhatian warga.

Hal ini terbukti saat pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) beberapa waktu lalu. Dan kita pamerkan juga pada saat acara Care Free Day hari Minggu, dari hasil kerajinan yang sarat nilai seni milik warga binaan ini dan sangat mencuri perhatian pengunjung, juga banyak diminati masyarakat,"jelas Kepala Rutan Sarang Elang Baturaja, Herdianto AMd IP SH MSi kepada media, Rabu (03/10/2018).

Hasil kerajinan warga binaan Rutan Baturaja terdiri dari, Asbak Rokok, Miniatur Tanduk Rusa,Patung Burung Garuda, dan Celengan dari tanah liat dan berbagai patung hewan lainnya, sedangkan untuk kerajinan tangan yaitu tas tali Kur.

Menurut Kepala Rutan Baturaja ini, semua hasil kerajinan tangan ini dibuat dengan menggunakan material bahan bekas seperti kertas koran dan bahan yang bisa didaur ulang.

"Kecuali pembuatan tas bahan bakunya kita beli seperti tali Kur dan untuk mesin jahitnya kita dapat bantuan dari kepala BPJS OKU," ungkap Herdianto.

Produk Rutan Baturaja  lainnya yang merupakan karya Petugas Rutan Baturaja bersama warga binaan Rutan Baturaja, adalah baju kaos dengan tema tentang Pemasyarakatan dan pesan Moral.

"Untuk kaos, yang sangat dininati yaitu dengan tulisan 'Jangan Lincah Igo Gek Terbuang', yah bahasa itu sudah Viral di Baturaja, itu adalah pesan Moral yang kalau diartikan sangat luas,"ungkap Herdianto dengan tersenyum.

Sedangkan yang populer di kalanganibu-ibu adalah  Tas berbahan Tali Kur, yang saat ini sedang Tren.

Pihaknya juga terus berupaya memperkenalkan hasil karya Warga Binaan, salah satunya dengan mengikutkan pameran dan di acara care free day dan media sosial.

Seperti yang baru dilakukan beberapa bulan yang lalu, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu ke-102, Rutan Baturaja berpartisipasi ikut ajang pamaren TTG (Teknologi Tepat Guna).

Stan Warga Binaan Rutan Baturaja memamerkan hasil karyanya dan mampu menarik perhatian pengunjung dengan pengunjung terbanyak dan viral di media sosial di Baturaja.

“Hasil dari karya warga Binaan tidak kalah dengan produk yang ada di luar dan setelah mereka bebas dapat melanjutkan kreativitas mereka sehingga berguna untuk masyarakat dan tidak mengulangi perbuatan yang mereka lakukan," tambahnya. (Maret)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama