Kementrian KLH Gelar Bimbingan Teknis Bagi Kelompok Peduli Lingkungan


TANGERANG (wartamerdeka.info)  -  Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH)  bersama Dinas Lingkungan Hidup KabupatenTangerang menggelar
bimbingan teknis untuk kelompok Peduli Lingkungan, Rabu (28/11/2018).

Acara sosialialisasi Lingkungan Hidup tersebut bertempat di Hotel Sahid Mutiara Binong Tangerang.

Hadir dalam acara tersebut Perwakilan Kementrian KLH, Kadis lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang,  dab Perwakilan dari 29 kecamatan se-kabupaten Tangerang

Widi Hartati dari Bank Sampah Kemuning, Kelurahan Binong yang tampil sebagai narasumber,  menyampaikan, bahwa  sampah bisa diolah menjadi produk kreatif dan bernilai ekonomis.

"Pengolahan sampah menjadi barang ekonomis dan bernilai jual ini mampu mendukung warga dalam mendapatkan penghasilan tambahan," katanya.

Aspek Bimbingan Teknis ditekankan pada pengelolaan sampah permukiman dengan menggunakan  sistem bank sampah.

Pada kesempatan itu Perwakilan dari Kementrian KLH memaparkan, masalah pengolahan sampah organik dan nonorganik. Sampah organik diolah menjadi kompos, sedangkan untuk pengolahan sampah anorganik, didaur ulang  menjadi berbagai produk kreatif.

Pada kesempatan itu diajarkan kepada peserta cara pembuatan kompos dengan bahan utama sampah organik. Pupuk kompos ini punya nilai ekonomis dan merupakan kebutuhan utama bagi para petani .

Sedangkan untun samoah non organik seperti kemasan minuman dan makanan serta produk lainnya, juga kain perca, dan sampah berbahan kertas bisa disulap menjadi banyak produk kreatif atau merchandise seperti aneka bros, tempat penyimpanan telepon genggam, tas cantik, aksesoris dan berbagai produk lainnya.

Produk kreatif ini tentu juga punya pasar dan bernilai ekonomis, sehingga mampu memberikan tambahan pendapatan keluarga.

Sedangkan Saefulloh,  Kadis Dinas Lingkungan Hidup Jabupaten Tangerang berharap melalui Bimbingan Teknis ini bisa mendapatkan hasil yang baik dan terus dilanjutkan secara berkesinambungan. (Fatah/Khoer)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama