Sejumlah Warga Berdemo Tuntut 4 Anggota PAW DPRD OKU Segera Dilantik


OKU (wartamerdeka.info) - Sejumlah warga menggelar aksi demo di halaman kantor Pengadilan Negeri Baturaja dan di halaman Gedung DPRD OKU mendesak agar empat anggota DPRD PAW segera dilantik.

Zaplin Ipani SE, siap mundur dari Ketua DPRD OKU, apabila empat calon anggota dewan  Pengganti Antar Waktu ( PAW ) belum juga dilantik hingga akhir Desember 2018.

Statemen ini disampaikan Ketua DPRD OKU dihadapan massa yang melakukan aksi demo mendesak agar empat anggota DPRD PAW  segera dilantik, Selasa (26/11/2018) .

“Aku siap mencopot baju dinas, cupu apabila sampai bulan Desember 2018 empat anggota dewan PAW belum juga dilantik,” tegas Ketua DPRD OKU yang langsung disambut applause massa yang demo.

Janji yang diikrarkan Ketua DPRD OKU itu, dituangkan dalam berita acara setelah selesai aksi, yang juga disaksikan aparat keamanan.

Lambannya pelantikan 4 anggota Dewan PAW ini menuai protes dari calon pengganti yang didukung oleh masyarakat pendukungnya, apalagi ada perlakuan berbeda terhadap PAW yang sudah dilaksanakan.

Seperti uneg - uneg yang  disampaikan Masykur  Calon PAW dari PKPI yang akan menggantikan Kamaludin.

“Kenapa hanya ada satu PAW yang dilantik.padahal tanggal SK Gubernur sama, hanya berbeda nomor saja,” tanya Masykur, juga  menambahkan, Berdasarkan SK Gubernur Nomor : 533/KPTS/1/2018 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan DPRD Kabupaten OKU yang pindah Partai pada Pemilu Tahun 2019.

Ada lima nama anggota DPRD OKU yang pindah partai atas nama Dra Erlina Bachtiar dari PKS pindah ke PKB, yang digantikan Efallah Mitra SE (PKS) yang  sudah dilantik seminggu lalu.

Sedangkan 4 (empat ) PAW lainnya hingga kini belum juga dilantik, masing-masing atas nama  Muhammad Ismi (PKS) yang akan menggantikan Sahril Elmi, Radios Irawan (PKB) yang akan menggantikanYudhi Purna Nugraha, Citra Dewi (PAN) yang akan menggantikan Parwanto SH, serta Masykur (PKPI) yang akan menggantikan Kamaluddin.

Dikatakan Masykur, empat calon PAW ini galau menanti kepastian kapan akan dilantik, apalagi keluarga dan masyarakat banyak yang bertanya-tanya.

Menanggapi protes dari calon anggota dewan PAW yang belum dilantik, Ketua DPRD OKU menyatakan pihaknya memastikan di bulan Desember 2018 semua PAW akan dilantik.

Namun Zaplin tidak bisa menyebutkan tanggalnya karena selaku Ketua DPRD pihaknya juga harus berkoordinasi dulu dengan unsur pimpinan yang ada di DPRD OKU.

Adapun empat anggota dewan yang pindah partai atas nama Sahril Elmi dari  PKS pindah ke Partai Hanura, Yudhi Purna Nugraha dari PKB pindah ke PAN.

Juga Parwanto SH dari PAN pindah ke Partai Gerindra dan Kamaluddin dari PKPI pindah ke Partai Hanura.

Zaplin juga memastikan anggota dewan yang pindah partai sudah tidak lagi menerima hak-haknya termasuk gaji dan hak-hak sebagai anggota dewan terhitung sejak ditetapkannya Daftar Calon Tetap (DCT).  (Maret)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama