30 Anggota Linmas Karangpucung Dibekali Wasbang oleh Babinsa


CILACAP (wartamerdeka.info) - Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana. Linmas juga dipersiapkan untuk memelihara keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat serta ikut kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pembinaan potensi rakyat untuk kepentingan Hankam bertujuan untuk mengikutsertakan rakyat secara tertib dan teratur dalam pertahanan keamanan nasional.  Sehingga terwujud satuan bentuk pertahanan keamanan nasional yang berlandaskan potensi rakyat semesta, lalu menghimpun potensi rakyat dalam pertahanan sipil dan perlawanan keamanan rakyat semesta memberikan latihan-latihan keterampilan yang bersangkutan dengan tugas kewajiban dan persiapan sebagai komponen cadangan.

Koramil 15/Karangpucung, Kodim 0703/Cilacap melalui Babinsa Sertu Moch. Ismail dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cilacap, Selasa (4/12/2018)  mengadakan pembinaan dan pembekalan terhadap 30 orang anggota Linmas Kecamatan Karangpucung dengan materi Wawasan Kebangsaan dan tata-tertib bermasyarakat.


"Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah agar linmas inti memiliki wawasan kebangsaan sebagai bekal hidup di wilayahnya agar cinta kepada tanah air dan cinta kepada budaya bangsa," kata Sertu Moch. Ismail.

Harapannya, sambung Babinsa,  dengan keterlibatannya, anggota Babinsa Koramil 15/Karangpucung ikut memberikan pelatihan kepada linmas adalah salah satu tugas untuk membina komponen cadangan sistem pertahanan dan Keamanan Nasional.

"Indonesia didasarkan atas prinsip Pertahanan dan keamanan secara menyeluruh yang berarti bahwa, Angkatan Bersenjata (TNI) dan masyarakat Indonesia secara menyeluruh sama-sama bertanggung jawab dapat menjaga keamanan dan pertahanan Negara," tandas Sertu Moch. Ismail. (gus)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama