Headline

Aktivis Peduli Toraya Kecam Tindakan Dua Bupati Toraja Soal Reformasi Birokrasi

Setelah makan Kapurung bersama, Rony Rumengan (kedua dari kiri, duduk didepan baju putih) berfoto bersama beberapa anggota jemaat Gereja T...

Antisipasi Bencana Alam, Cimanggu Gelar Apel Siaga Penanggulangan Bencana


CILACAP (wartamerdeka.info) - Meningkatnya intensitas curah hujan akhir-akhir ini membuat berbagai elemen melakukan siaga dalam mengantisipasi bencana alam. Salah satu bentuk antisipasi tersebuat adalah dipersiapkannya penanggulangan oleh berbagai pihak.

Kecamatan Cimanggu kabupaten Cilacap adalah salah satu wilayah yang sering terjadi bencana, maka dari itu semua pihak bekerjasama dalam penanggulangan bencana. Langkah awal penangulangan adalah melakukan kegiatan apel siaga penanggulangan bencana.

Apel penanggulangan bencana di kecamatan Cimanggu digelar di Lapangan Wanakrida Dusun Cikarag Desa Cilempuyang Kecamatan Cimanggu, Kamis (13/12/2018).
Dalam Apel tersebut diikuti relawan dari berbagai unsur.

Diantaranya, KPH Banyumas Barat, BPBD Cilacap, Pabin Perhutani KPH Banyumas Barat, Forkopincam  Cimanggu, para Asper se KPH Banyumas Barat, Asper Majenang, Asper Kawunganten, Asper Bokol Jeruklegi, Asper Wanareja, Asper Sidareja, Asper Lumbir, Kades Cilempuyang, karyawan Perhutani dari tiap tiap KRPH se KPH Banyumas Barat, RAPI serta Perwakilan dari MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center).

Kegiatan Apel dipimpin oleh Camat Cimanggu Buddy Haryanto S.Sos.MM. Dalam sambutannya Buddy menjelaskan, pelaksanaan Apel tersebut dilakukan Perhutani KPH Banyumas Barat bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Cilacap bersama-sama dengan instansi terkait. "Ini sebagai wujud nyata kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana," jelasnya.

Hadir dalam kehiatan itu Babinsa Koramil 14/Cimanggu, Kodim 0703/Cilacap, Serda Carnoyo dan Serda Djoyo Hartono. Serda Carnoyo menyampaikan, Apel siaga bencana ini selain bertujuan untuk memantapkan dan mensiap siagakan personil TNI, Polri dan istansi terkait."itu dilaksanakan dalam rangka membantu masyrakat dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam di wilayah Kecamatan Cimanggu," katanya.

Dijelaskan juga, memasuki musim penghujan seperti saat ini, potensi terjadinya bencana alam sangat besar. "Untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi kita semua dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana sedini mungkin,” ujar Serda Carnoyo.

Diakhir pelaksanaan, apel siaga bencana alam dilakukan kegiatan penyerahan secara simbolis bibit tanaman puspa sebanyak 1000 pohon yang diserahkan oleh KPH Banyumas Barat kepada Kepala Desa Cilempuyang.(gus)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Antisipasi Bencana Alam, Cimanggu Gelar Apel Siaga Penanggulangan Bencana"

Posting Komentar