Koramil Adipala Tanam Padi di Lahan Demplot


CILACAP (wartamerdeka.info) - Untuk melaksanakan pendampingan Upsus dalam rangka mensukseskan swasembada pangan di bidang pertanian, khususnya tanaman padi, Koramil 08/Adipala Jajaran Kodim 0703/Cilacap  bersama PPL dan Poktan melaksanakan penanaman padi di lahan sawah yang rencana untuk Demplot.

Lahan Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian secara langsung kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat, mempraktekan dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Hal itu untuk mempermudah masyarakat dalam menanam padi. Karena bisa melihat langsung di lapangan, bahkan bisa langsung praktek. Seperti yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 08/Adipala Serma Mashud Suminto bersama PPL. Mereka melaksanakan tanam padi sistem Demplot di Persawahan seluas 1 Hektare  dengan Jenis varietas Padi HT Logawa.


Pola tanam yang digunakan dengan jajar legowo di lahan milik Taryono yang tergabung dalam kelompok tani Sri Martani di desa Adireja Kulon, Kecamatan Adipala, Rabu (19/12/2018).

Dalam program pemerintah terkait pencapaian swasemba pangan ini, Babinsa harus bisa membuktikan menggarap sawah. Selainitu siap menjadi contoh bagi para kelompok tani. Secara teknis, juga dapat menjalin kerjasama antara Babinsa dengan PPL dan petani.

Selain itu, melalui kegiatan sosialisasi dan praktek penanaman sistem Demplot, juga bertujuan mengajak petani untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan menuju swasembada pangan nasional.

"Dengan diadakan demplot ini nantinya agar para petani mau mengikuti pola tanam jajar legowo dan tentunya juga cara perawatan dan pemupukan yang tepat dan benar agar dapan menghasilkan panen yang mansimal dan lebih meningkat dari sebelumnya," tandas Serma Mashud S.(gus)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama