BREAKING NEWS

OC Kaligis Tantang Novel Baswedan Lapor Polisi

JAKARTA (wartamerdeka.info)  - Gugatan pengacara kondang, Prof Dr Otto Cornelis Kaligis SH MH sebesar Rp 1 juta terhadap Jaksa Agung dan...

CSR PT BA Berikan Bantuan Pesantren Di Lapas Kelas IIB Muara Enim


MUARA ENIM (wartamerdeka.info)  -  PT Bukit Asam Tbk (BA) memberikan bantuan  terhadap masyarakat bukan hanya  terhadap warga secara umum,  namun juga terhadap warga binaan di Lapas Kelas IIB Muara Enim. Ini ditandai dengan bantuan CSR PTBA kepada Lembaga Pemasyarakatan Kab Muara Enim, pada Sabtu (26/01/2019).

Penyerahan bantuan CSR PTBA kepada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Muara Enim, dirangkaikan dengan acara peresmian Pesantren Diniyah Takmiliyah Al Istiqomah,  Penyerahan Piagam Penghargaan Ka.Kanwil Kumham Sumsel Kepada Kementerian Agama dan PT Bukit Asam Tbk, Pembukaan Pelatihan Merajut WBP Perempuan Mitra Binaan PT Bukit Asam, dab Pengukuhan Kader Kesehatan WBP Lapas Muara Enim. Semua kegiatan dipusatkan di Aula Lapas Kelas IIB Muara Enim.

Hadir juga pada acara tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Sumatera Selatan Dr H Sudirman D Hury SH MM M Sc, Bupati Kabupaten Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM, Sekretaris Daerah Ir H Hasanuddin M.Si, Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono, Perwakilan Kodim O404 Muara Enim, Kepala BNN Kabupaten Muara Enim, Kepala Kantor Migrasi Muara Enim, Kepala Kantor Kementerian Agama Muara Enim

Sedangkan dari Pihak PT Bukit Asam Tbk, diwakilii oleh Senior Manager CSR PT Bukit Asam  Suwarto, Efensi Arusin dan Rombongan.

Kepala Lapas Kelas IIB Muara Enim, Hidayat Amd IP SH MH dalam sambutannya sangat mengucapkan terima kasih kepada PT Bukit Asam Tbk yang sudah memberikan perhatian dan bantuan demi kemajuan Lapas Kelas IIB Muara Enim.


Dikatakannya,  PT Bukit Asam Tbk sudah memberikan kontribusi yang sangat besar kepada Lapas Kelas IIB Muara Enim di antaranya berdirinya Pesantren Diniyah Takmiliyah Al Istiqomah, juga bantuan PT Bukit Asam Kepada Lapas Kelas IiB Muara Enim yang lain seperti
Pelatihan Merajut WBP Perempuan Mitra Binaan PT Bukit Asam, Pengukuhan Kader Kesehatan WBP Lapas Kelas IIB Muara, serta pembangunan sarana kran air langsung minum di Lapas kelas IIB Muara Enim.

"Semoga ke depan, PT Bukit Asam Tbk terus berkisanambungan memberikan perhatian kepada warga binaan di Lapas Kelas IIB Muara Enim,"  harapnya.

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Selatan Dr H Sudirman D Hury SH MM M Sc, juga menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih dari Kementerian Hukum dan HAM atas kepedulian PT Bukit Asam.Tbk kepada Lapas Kelas IIB Muara Enim, khususnya warga binaan yang saat ini sedang mengalami nasib kurang mujur dari saudara saudaranya yang ada diluar sana.

"Kami sangat memberikan apresiasi Kepada PT Bukit Asam.Tbk atas bantuan melalui program CSR-nya, " ucap Sudirman.

Sedangkan Bupati Kabupaten Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM pada kesempatan itu menyampaikan, dirinya atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Muara Enim sangat mendukung dengan apa dilakukan oleh PT Bukit Asam Tbk terhadap Lapas Kelas IIB Muara melalui program CSR nya. Karena ini sangat sejalan dengan visi dan misi Pemerintahannya.

"Kami atas nama Pemerintah Dan Masyarakat Kabupaten muara Enim, sangat mendukung dengan apa yang dilaksanakan oleh PTBA terhadap Lapas Kelas IIB Muara Enim, karena ini sangat sejalan dengan vusi dan misi kami yakni Agamis, Berdaya Saing, Sehat dan Sejatera," ujarnya.

Sementara itu, Senior Manager CSR PTBA, Suwarto menyampaikan ucapan salam dari Direktur Utama PT Bukit Asam Arviyan Aripin karena tidak sempat hadir diacara yang baik ini.

"Sebelum menyampaikan beberapa hal, kami atas nama Direktur Utama PTBA, menghaturkan permohonan maaf kepada Bapak dan Ibu sekalian kareba saat ini beliau memiliki agenda bersama Kementrian BUMN sehingga beliau tidak dapat hadir dalam acara ini dan Beliau menitipkan salam kepada Bapak Ibu serta tamu undangan," ujar Suwarto.

Pihaknya juga mengycapkan terima kasih  kepada Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM provinsi Sumatera Selatan, atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami dr PTBA untuk dapat bekerjasama dalam bidang pemberdayaan warga binaan dengan Lapas kelas IIB Kbupaten Muara enim.

"Kerjasama ini merupakan yang kedua setelah pada tahun 2014 dengan berbagai kegiatan pemberdayaan antara lain ESQ dan beberapa pelatihan kepada warga binaan, kemudian ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati Muara Enim beserta seluruh jajaran, atas segala arahan serta dukungan kepada kami sehingga PTBA dapat melaksanakan kegiatan operasional dengan baik. Selain itu, kami mengucapkan selamat kepada Bapak bupati atas penghargaan Adipura. Semoga Kabupaten Muara Enim terus tumbuh dan berkembang menjadi yang terbaik di Sumatera Selatan dan tingkat nasional," ujarnya.

Suwarto menyampaikan juga  beberapa program yang telah dilaksanakan hasil kerjasama antara PTBA dan lapas tahun 2018/2019 antara lain adalah Pembuatan sumur bor dan instalasi air bersih siap minum, Pesantren Diniyah, pelatihan ekonomi kreatif dan keterampilan antara lain kerajinan tangan, pertukangan, perkebunan jahe merah, merajut dan pembuatan sandal hotel.

"Maksud dan tujuan program ini salah satunya adalah sebagai bentuk kepedulian dan pemberdayaan PTBA terhadap warga binaan lapas agar mereka memiliki bekal sehingga mereka memiliki masa depan yang lebih baik, " ujarnya.

Lebih jauh dipaparkan Suwarto, bahwa kerjasama yang dilakukan antara PTBA dan Lapas ini merupakan salah satu wujud implementasi perusahaan dalam menjalankan amanah sebagaimana  yang telah diamanatkan oleh peraturan dan perundangan negara Republik indonesia, bahwa setiap perusahaan  diwajibkan untuk menjalankan program CSR baik dalam bidang ekonomi, sosial serta lingkungan bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Namun, dalam memandang dan menjalankan CSR,   PTBA bukan hanya menganggap CSR itu sebagai kewajiban tapi merupakan  kebutuhan bagi perusahaan karena tanpa dukungan dari seluruh stakeholder, sangat tidak mungkin perusahaan dapat menjalankan kegiatan operasional dengan sangat baik.

Dia juga menyampaikan bahwa PTBA siap untuk mendukung program Pemkab Muara Enim dalam pemberdayaan masyarakat sebagaimana yang telah dicanangkan salah satunya adalah program satu desa satu produk unggulan.

Untuk mendukung program tersebut, saat ini PTBA telah memiliki program Sentra industri bukit asam (SIBA) antara lain songket desa Lingga, batik khas Tanjung Enim dari Dusun Tanjung, beras Dewa Bukit Asam dari Desa Pagar Dewa, merajut dari Bara Lestari Desa Keban Agung, kopi cap Bukit Asam dan berbagai program lainnya.


"Kita tidak dapat melaksanakan berbagai program secara sendiri, sangat dibutuhkan kerjasama tripartit antara pemerintah daerah, perusahaan dan pihak lainnya agar kita semua dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Muara Enim yang sejahtera," ucapnya.

Bupati pada kesempatan itu berkenan meresmikan Pesantren dan peninjauan Wartel SUS serta pengecekan Air minum siap pakai. (Agus V)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CSR PT BA Berikan Bantuan Pesantren Di Lapas Kelas IIB Muara Enim"

Posting Komentar