Amankan Perayaan Imlek, Polisi Lumajang Sterilisasi Vihara Maytreya


LUMAJANG (wartamerdeka.info) - Polres Lumajang menerjunkan aparatnya mensterilisasi kegiatan ibadah Tahun Baru Imlek yang berlokasi di Vihara Maytreya, Jln. Sutoyo No 7 Lumajang, Senin (4/2/2019). Kegiatan ibadah dilakukan pada pukul 21.00 WIB hingga selesai.

Kegiatan sterilisasi tempat ibadah di hari-hari besar merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Polres Lumajang. "Setelah rangkaian perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan aman dan Lancar, sebentar lagi kita akan menghadapi perayaan hari besar etnis Tionghoa, yaitu hari raya Imlek yang jatuh pada 5 Febuari 2019," ujar Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban kepada wartawan, Senin (4/2/2019).

Arsal menuturkan, Imlek identik dengan perayaan meriah dengan suguhan penampilan Barongsai. Kegiatan ini merupakan satu rangkaian yang pasti ada di setiap perayaan etnis Tionghoa, Imlek. Di Lumajang, perayaan Imlek mendapat atensi khusus seperti halnya perayaan perayaan lainnya dengan kepercayaan pemeluk agama lainnya. "Setiap perayaan keagamaan harus berjalan aman, lancar, tertib dan kondusif," papar Arsal.

Ia juga mengatakan, kegiatan ini adalah wujud nyata pengamanan kepada seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali. "Polri adalah institusi yang profesional, maka dari itu kami menjaga masyarakat tanpa pandang bulu. Kami juga bertanggung jawab atas keselamatan jiwa raga dan hak asasi manusia setiap warga negara. Saya berharap kota kita ini terus dalam keadaan kondusif, mengingat tahun ini juga merupakan tahun politik," ujar Arsal yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon selular.

Dalam pengamanan hari Imlek ini, Polres Lumajang sudah menempatkan beberapa orang personil untuk melakukan sterilisasi di Vihara Cetiya Sariputra Maitreya mulai sebelum dan saat perayaan dilaksanakan untuk menghilangkan perasaan was-was dari masyarakat yang merayakan perayaan Imlek besok.

Terpisah, penanggungjawab Vihara Maytreya, Panjita Yeny mengucapkan terimakasihnya secara khusus kepada pihak kepolisian yang telah membantu jalannya acara.

"Atas nama pengelola kami mengucapkan terimakasih karena sudah dilakukan sterilisasi. Kami akan bekerjasama dengan kepolisian untuk menjagas situasi kondusif selama kegiatan," ukar Yeny.(Fer)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama