Headline

Jokowi Ingin Waduk Beri Manfaat Ekonomi Ganda Bagi Daerah

Presiden Joko Widodo kunjungi waduk Muara Nusa Dua.  Mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Sekretaris Kabinet Pramo...

Pengawak Kapal Patroli Bakamla Dibekali Kemampuan Hadapi Musuh Di Laut


BATAM (wartamerdeka.info) - Menginjak hari ke-7  Pelatihan Boarding Party Officer Mobile Training Team (MTT) bersama US Coast Guard, sejumlah personel Bakamla terlihat semakin mahir dalam menjalankan prosedur operasional teknis dan taktis dalam berbagai ketrampilan untuk menunjang kesiapan operasi di laut. Salah satunya yaitu latihan mengidentifikasi obat-obatan terlarang dilanjutkan skenario dan teknik pemeriksaan,  diatas kapal KN Tanjung Datu 1101, yang sedang sandar di Dermaga Tanjung Uncang, Batam, Selasa (12/2/2019).

Boarding Party Officer digelar dengan kerja sama antara Bakamla RI dengan US Coast Guard, yang diikuti oleh 20 peserta dari Zona Maritim Barat, ABK Kapal KN Bintang Laut 4801 dan KN Belut Laut 4806 serta melibatkan lima orang instruktur USCG. 

Banyak materi dan ketrampilan yang sudah diserap oleh para pengawak kapal patroli Bakamla dari pelatihan ini, baik materi kelas maupun praktek lapangan yang dilakukan di heli deck Tanjung Datu. Selama seminggu personel Indonesian Coast Guard ini berjibaku dengan teknik dan modus operandi penyelundup. Mereka mempelajari trend penyelundupan, kemudian mengasah kemampuan deteksi bagian-bagian di kapal yang mungkin digunakan untuk menyembunyikan barang selundupan.

Para peserta juga meningkatkan kemampuan penggunaan senjata, mendalami prosedur penangkapan, serta cara penanganan terhadap subjek tangkapan dengan menggunakan kemampuan akal dan kekuatan fisiknya. Melalui pelatihan ini, Instruktur juga mengajarkan tentang teori praktis pencarian dengan tingkat bahaya tinggi, cara pertahanan /pembelaan diri dari serangan, dan juga penggunaan senjata menengah yaitu penggunaan baton/pentungan/pepper spray).

Kemarin (11/2), Direktur Latihan Laksma Bakamla Suwarno, S.IP juga menyempatkan diri untuk meninjau proses pembelajaran yang diselenggarakan oleh Direktorat Latihan ini. Pelatihan dijadwalkan akan berlangsung hingga tanggal 15 Februari 2019. Menjelang akhir pelatihan, peserta juga akan memperdalam kemampuan manuver lapangan di laut dengan melibatkan dua unit kendaraan air cepat Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB).(Humas Bakamla RI) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengawak Kapal Patroli Bakamla Dibekali Kemampuan Hadapi Musuh Di Laut"

Posting Komentar