Tunas Muda Pengayoman Lapas Muara Enim Digembleng Dulu, Sebelum Terima SK PNS


MUARA ENIM (wartamerdeka.info)  -  Tunas-Tunas Muda Pengayoman Angkatan 2017 menerima gemblengan dan  pembinaan fisik dan mental pada kegiatan Pembaretan serta Penyerahan SK PNS, Sabtu (09/02/2019).

Jegiatan ini diawali dengan Long March sepanjang 7 KM.  Para Tunas Nuda Pengayoman Lapas Muara Enim tampak  begitu antusias dan semangat mengikuti setiap tahapan kegiatan tersebut.

Long March yang dilakukan oleh Tunas Muda Pengayoman Angkatan 2017 Lapas Muara Enim itu sekaligus sebagai Napak Tilas  sejarah berdirinya Lapas Kelas IIB Muara Enim.


Seperti  diketahui,  Lapas kelas llB Muara Enim dahulunya masih disebut dengan Penjara LIOT (Lematang Ilir Ogan Tengah) berdiri di wilayah Kemayoran Kabupaten Muara Enim.

Dengan berjalannya waktu,  berpindah tempat di Jln Proklamasi menjadi Rutan Kelas IIB Muara Enim pada tahun 1981, kemudian pada tahun 2001 menjadi Lapas Kelas IIB Muara Enim.


Dikarenakan daya tampung dan bangunan pada saat itu tidak memadai lagi, pada tahun 2011 Lapas Kelas IIB Muara Enim kembali berpindah tempat Jln HTI Muara Lawai dengan spesifikasi bangunan dan kapasitas hunian yang lebih baik dan nyaman bagi penghuni dalam Lapas.

Pada kegiatan Pembaretan ini melibatkan pihak Kodim 0404 Muara Enim sebagai Instruktur Pelatih dan Bhabinkamtibmas desa Muara Lawai Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan.

Kepala Lapas Kelas IIB Muara Enim, Hidayat mengatakan  banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan ini, bagi peserta.


"Jadi ikuti dengan semangat, energi, dan antusiasme yang nantinya menjadi bekal ilmu kedisiplinan bagi tunas-tunas Muda Lapas Muara Enim, " tukasnya

Dikatakan Hidayat,  suatu hari nanti ini,  kegiatan ini menjadi masa yang akan dirindukan.

Kegiatan Pembaretan ini juga menjadi titik awal bagi tunas muda Lapas Muara Enim sekalian dalam menghadapi tantangan ke depan yang lebih berat.

"Saya juga mengharalkan jadilah petugas Pemasyarakatan yang tangguh, berkomitmen, dan disiplin.  Laksanakan dengan sinergitas serta pegang teguh nilai-nilai Pancasila dalam setiap pelaksanaan tugas sehingga tujuan organisasi dapat tercapai, " katanya.

Kegiatan itu diakhiri dengan pemasangan Baret dan Penyerahan SK PNS kepada Tunas Muda Pengayoman Lapas Muara Enim.  (Agus V)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama