Peserta Training SBO Bakamla Pertajam Kemampuan Manuver RHIB


BATAM (wartamerdeka.info) - Enambelas personel Bakamla yang tergabung dalam program Pelatihan Small Boat Operations (SBO)   yang digelar oleh International Training Division US Coast Guard, mempertajam kemampuan manuver di laut dengan melakukan latihan manuver menggunakan Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB) di Perairan Dermaga Tj. Uncang, Batam, Jumat (8/3/2019).

Sepanjang pagi hingga siang kemarin, peserta pelatihan disuguhi jadwal yang menarik, baik materi di ruang kelas KN Tanjung Datu 1101 maupun praktek langsung dalam latihan basah di perairan di lokasi sandar kapal patroli terbesar Bakamla saat ini.

Materi klasikal yaitu teori personel recovery. Pada sesi ini, dilakukan pendalaman terkait metode yang digunakan dalam upaya penyelamatan korban jatuh ke laut serta alat bantu yang bisa digunakan. Setelah itu, teori yang telah diterima dipraktekkan langsung melalui sesi latihan underway/boat handling, yaitu pelatihan tentang cara membawa RHIB, termasuk manuver yang harus dilakukan ketika melakukan penyelamatan terhadap korban yang jatuh ke laut. Tak hanya itu, peserta juga harus mengerti cara kapal cepat itu melakukan sandar kiri atau kanan serta penempatannya di haluan maupun anjungan.

Sejumlah isnstruktur dari USCG memandu jalannya pelatihan yang berlangsung pada hari ke-empat tersebut, yaitu Corey Arsenault, Travis Tomlinson, Gabriel Hernandez, Rico Tyler, dan Samuel Alexander.

Adapun peserta pelatihan dari kegiatan yang merupakan bagian dari Mobile Training Team (MTT) USCG ini adalah anggota dari Direktorat Latihan, Zona Maritim Barat, SPKKL Batam, Pangkalan Armada Kamla Batam, serta para pengawak kapal patroli Bakamla.(Humas Bakamla RI)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama