Dua Menteri Resmikan Pembangunan Jalan Tol Muara Enim - Indralaya


MUARA ENIM (wartamerdeka.info) - Pembangunan jalan tol Muara Enim Indralaya dan Muara Enim Lubuk Linggau sudah dilakukan pada hari ini dan dihadiri oleh 2 menteri masing masing Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PU PR Basuki Hadimuljono didampingi Gubernur Sumatera Selatan H  Herman Deru bupati Muara Enim serta Bupati H Ahmad Yani  yang secara khusus meresmikan ditandainya pembangunan Jalan Lintas sepanjang 119 KM ini, Selasa (09/04/2019)

Penandatanganan Perjanjian Pengusaha Jalan Tol (PPJT) Ruas jalan Tol Muara Enim – Indralaya dan Muara Enim – Lubuk Linggau  ini dipusatkan di persimpangan Jalan Lintas Islamic Center desa kepur  menuju Transad, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim Sumsel.

Kepala BPJT Provinsi Sumsel Danang Paringkesit mengatakan, pembangunan ruas jalan tol dari Muara Enim – Indralaya sepanjang 119 kilo meter. Sedangkan, Muara Enim – Lubuk Linggau sepanjang 114,5 km

“Pembangunan jalan tol Ini merupakan ruas jalan negara yang  perioritas sesuai dengan program nasional,” tukasnya


Danang juga mengharapkan dengan jalan tol ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat secara khusus dan daerah secara umum. Dan, pengelolaan jalan tol ini bisa mendukung juga, program-program yang ada di Provinsi Sumsel dan Kabupaten Muara Enim.

Wahyu Sanjaya dari  Komisi VI DRP RI mengatakan, jalan tol ini merupakan kebutuhan vital dalam perekonomian masyarakat. Karena, akan mengurangi biaya angkut hasil masyarakat seperti perkebunan dan usaha lainnya termasuk industri.

Wahyu dalam kesempatan ini meminta secara langsung pada pemerintah pusat, agar jalan umum di daerah Muara Enim segera diperbaiki, karena kondisi jalan saat ini sudah perlu dilakukan pemeliharaan.

“Sedangkan, terkait pembangunan ruas jalan tol ini, diharapkan dukungan dari masyarakat kabupaten Muara Enim, baik baik kepada pemilik lahan hingga proses dari ganti untungnya nanti,” jelas Wahyu

Gubernur Sumutera Selatan H Herman Deru mengatakan, bahwa untuk pembangunan sarana ini ibaratnya kita seperti mimpi karena belum terbayang sama sekali bahwa Kabupaten Muara Enim akan dibuat sarana jalan tol sebagai alternatif transportasi cepat

Ruas jalan tol yang akan dibangun ini,tidak bisa dibayangkan tetapi sekarang terwujud dengan adanya Ground Breaking yang dilakukan pada hari ini.

"Apalagi, pembangunan jalan yang diperkirakan akan mencapai trilyunan ini tentu bukanlah dana yang sedikit untuk itu diperlukan dukungan masyarakat Kabupaten Muara Enim. Demi kemajuan kota Kabupaten Muara Enim ini sendiri," ucap Deru

Selanjutnya Gubernur juga menjelaskan bahwa angan-angan ini tentunya tidak akan terwujud dari perjuangan, tentunya semua jajaran, baik dari DPR RI , Gubernur, Bupati dan juga masyarakat, chord istimewa dukungan kedua menteri asal Palembang ini sehingga pembangunan ruas jalan tol ini diresmikan. Dengan ditetapkannya pembangunan ruas jalan tol diharapkan semua masyarakat dapat mendukung.

“Nah, dalam pembangunan tol ini butuh dukungan masyarakat tentunya sangat dibutuhkan. Sepertinya dari keselamatan pekerjanya, ganti rugi lahan yang dibutuhkan. Apakah siap untuk mendukung pembangunan? Musti siap,” Tukasnya

Terpisah, Menteri PUPR RI Ir Basuki Hadi Mulyono mengatakan, dalam pengerjaan ruas jalan tol Muara Enim-Indralaya dan Muara Enim Lubuk Linggau diharapkan dalam pengerjaannya dapat cepat dan lancar. Untuk itu, dukungan dari masyarakat sangat diperlukan hingga dalam proses yang direncanakan pembangunan yang akan memakan waktu selama 2 tahun dapat selesai sesuai dengan apa yang kita harapkan.

“Dengan adanya program pembangunan jalan tol ini, tidak lain bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dimana, dengan infrastruktur lancar, maka akan mempengaruhi perekonomian masyarakat. Bukan hanya itu saja, tetapi akan menghubungkan kawasan industri antar daerah. Ungkapnya

Selanjutnya Menteri PU PR Menteri Perhubungan didampingi gubernur bupati wakil bupati serta pejabat terkait lainnya meresmikan penggunaan aspal karet.(Agus V)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama