Headline

Jokowi: Tidak Ada Toleransi Sedikit Pun Bagi Yang Mengganggu Pancasila!

Meminta Kecepatan Melayani Jadi Prioritas Birokrat SENTUL (wartamerdeka.info) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terpilih kembali men...

Pemkab Muara Enim Gelar Bimtek Pengelolaan Aplikasi Desa Online


MUARA ENIM (wartamerdeka.info) - Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan aplikasi desa online, di hotel Serasan Muara Enim, pada Rabu - Kamis (24-25/4/2019).

Kegiatan ini oleh diikuti sebanyak 30 utusan desa terutama admin desa di Kabupaten Muara Enim.

Kepala Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa kabupaten Muara Enim Drs Emran Tabrani mengatakan,
Bimtek  pengelolaan aplikasi desa online ini untuk meningkatkan kapasitas SDM, terutama Admin Desa.

Dikatakan,  keberadaan desa online merupakan keharusan untuk memberikan informasi kepada masyarakat sebagai sarana meningkatkan ekonomi masyarakat desa tersebut.

Kadin PMD juga minta kepada peserta bahwa setelah acara ini segara membuat laporan ke kepala desa guna membuat website supaya dapat diakses oleh publik termasuk memperkenalkan produk unggulan yang bisa dipasarkan ke masyarakat.

Selain sebagai sarana informasi desa, Website ini akan sangat membantu pelayanan ke masyarakat seperti permohonan  pembuatan KTP KK dan perizinan yang saat ini hampir seluruh menggunakan fasilitas internet,  sehingga berawal dari input data dari kantor desa dapat diteruskan ke kecamatan dan dinas yang ada tingkat kabupaten yang pada gilirannya akan dapat memangkas biaya dan waktu.

"Mengenai adanya desa-desa yang masih terkendala akses layanan internet, kita sudah mencari solusi seperti penguat sinyal internet diantaranya pembuatan tower mini atau penambahan perangkat dengan proses pengadaannya dapat menggunakan dana desa," ungkapnya, Kamis (25/4/2019).

Sementara Kabid Peningkatan Ekonomi Desa Dinas PMD Zulkopli menyampaikan bahwa  Bimtek aplikasi desa online ini dilakukan secara bertahap dan pada saat ini kita mengikutkan sebanyak 30 desa dan dimulai sejak dua hari lalu

"Diharapkan tahun ini kita dapat memenuhi seluruh desa sehingga akses internet utamanya alikadi didesa sudah siap online," ungkap Zulkopli. (Agus V)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkab Muara Enim Gelar Bimtek Pengelolaan Aplikasi Desa Online"

Posting Komentar