Perketat Pengawasan, Wujud Transparansi Proses Rekruitmen Polri Di Polda Banten


BANTEN (wartamerdeka.info) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Daerah Banten,  hari ini melanjutkan proses seleksi penerimaan bintara polri tahap Rikkes, karena banyaknya jumlah peserta maka tahap tes Rikkes di bagi menjadi 8 kelompok.

Sedangkan untuk hari ini, Selasa 09 April 2019 adalah giliran kelompok 5 yang berjumlah 201 orang laki-laki yang melaksanakan tes Rikkes yang bertempat di Gedung serba guna Polda Banten, yang di mulai sejak pukul 07.00 Wib s.d pukul 18.00 Wib.

Untuk menjamin transparansi proses rekruitmen  yang di  selenggarakan hari ini dalam pelaksanaannya terus di pantau oleh KARO SDM dan Kabid Propam, serta pengawas dari eksternal yaitu dari IDI, PDGI, dan LSM.

Kabid Humas Polda Banten,  Edy Sumardi P, S.IK kepada awak media mengatakan, untuk menjaring pendaftar, Polri telah melakukan berbagai sosialisasi terbuka, baik melalui media massa, spanduk, baliho maupun sosialisasi secara langsung ke masyarakat atau ke sekolah.

Kabid humas melanjutkan, semua tahapan seleksi dilakukan secara terbuka di mana seluruh peserta seleksi bisa melihat sendiri hasil seleksi di setiap tahapannya. Mulai dari proses penerimaan berkas, pemeriksan administrasi, kesehatan, tes akademik, psikotes, dan kesamaptaan dan jasmani hingga proses kelulusan semua dalam pengawasan.

Ini sesuai perintah Kapolri yang menegaskan bahwa dalam setiap tahun anggaran penerimaan, setiap Panitia Polda harus membentuk Tim Pengawas Internal yaitu terdiri dari Itwasda dan Bidpropam Polda setempat dan Tim Pengawasa Eksternal yaitu terdiri dari Diknas, Disdukcapil, IDI, HIMPSI, Akademisi, Guru Olahraga, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, LSM, Media Massa untuk mengawasi/menyaksikan pelaksanaan setiap tahapan seleksi secara ketat, terus menerus, transparan.

Diharapkan masyarakat terus menerus berperanserta dalam mengawasi setiap tahapan seleksi penerimaan anggota Polri, sehingga akan terjaring anggota Polri yang berkalitas, memiliki Integritas yang tinggi dalam pekerjaan dan terpenting adalah memiliki sikap melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. . (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama