Headline

Jokowi Ingin Waduk Beri Manfaat Ekonomi Ganda Bagi Daerah

Presiden Joko Widodo kunjungi waduk Muara Nusa Dua.  Mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Sekretaris Kabinet Pramo...

Saksi 16 Partai Se- Kec Muara Enim Ikuti Bimtek


MUARA ENIM (wartamerdeka.info) - Sekitar 2 ribu lebih  saksi utusan dari 16 partai politik yang ada di Kecamatan Muara Enim dipastikan akan mengikuti bimbingan teknis pelatihan saksi partai politik pada Pileg dan Pilpres 2019  yang berlangsung di Room Serasan Sekundang Muara Enim, Senin (8/04/2019).

Pelaksanaan Bimtek dilakukan secara bertahap diikuti saksi  utusan dari 16  parpol peserta Pemilu.

Para saksi utusan partai politik biasanya berjumlah sama besar dengan jumlah TPS yang ada artinya untuk satu TPS terdapat satu orang saksi.

"Penjadwalan dari pelaksanaan Bimtek untuk para saksi dilakukan secara bergilir dibagi dalam beberapa jam,  sehingga dalam pelaksanaan yang dilakukan selama 2 hari ini proses pelaksanaan Bimtek-nya dapat berjalan dan tepat sasaran," ungkap Ketua Bawaslu Muara Enim Suyitno melalui Zainudin.


Para saksi  pemilu legislatif dan pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019, melalui Bimtek,  diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para saksi utusan partai politik pada saat berlangsungnya proses pemungutan suara yang ada di TPS masing-masing.

Panwascam kecamatan Muara Enim Totok Adi Hermanto ST menyampaikan bahwa dalam Bimtek ini para saksi mempunyai tugas yaitu menghadiri persiapan pembukaan TPS serta pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPSM, serta menyaksikan pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS.

Selain itu pula, sambung Toto, saksi dapat mengajukan keberatan atas terjadinya kesalahan atau pelanggaran dalam pelaksanaan pemungutan suara dan perhitungan suara di KPPS.

"Selain itu saksi dilarang mempengaruhi dan mengintimidasi pemilih dalam menentukan pilihannya, melihat pemilih mencoblos surat suara dalam bilik suara cara mengerjakan dan membantu mempersiapkan perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara serta mengisi formulir dan hasil perhitungan suara. Juga dilarang mengganggu kerja KPPS dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya serta mengganggu pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara,"  ungkap Toto. (Agus V)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saksi 16 Partai Se- Kec Muara Enim Ikuti Bimtek"

Posting Komentar