Headline

Jokowi Ingin Waduk Beri Manfaat Ekonomi Ganda Bagi Daerah

Presiden Joko Widodo kunjungi waduk Muara Nusa Dua.  Mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Sekretaris Kabinet Pramo...

Stefanus Rante Linggi Belajar Politik dari Abangnya Pither Ponda Barany


TORAJA UTARA (wartamerdeka.info) - Menghadapi Pemilihan Legislatif mendatang, tepatnya 17 April yang tinggal hitung hari, bertebaran banyak calon politisi, tua maupun muda. Ada wajah baru, ada pula yang incumbent sebagai Caleg.

Yang menarik, Caleg untuk DPRD Toraja Utara. Diantara figur caleg, terdapat satu nama yang benar-benar pendatang baru dan baru kali ini terjun di politik. D

Dia adalah Stefanus Rante Linggi, adik kandung Pither Ponda Barany, SH, MH, Pengacara Kondang asal Toraja.
Stefanus adalah Caleg DPRD Toraja Utara Nomor Urut 6 Dapil 4 dari PDI Perjuangan.

Ditemui di kediamanya di Bua, Kesu', baru-baru ini, Stef sadar peran abangnya, Pther Ponda Barany, sebagai motivator politik terhadap dirinya selama ini.

“Apalagi orang tua dua-duanya sudah tidak ada, mau tidak mau beliau menjadi motivator dan penasehat politik saya. Orang lain atau pihak lain menghargai dan mempercayai beliau dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan, masa saya tidak. Ini jadi patron saya dalam berpolitik, politik yang santun dan beretika,” ujar Stef.

Sekadar diketahui, Pither Ponda sejauh ini juga dikenal sebagai Pengacara Asosiasi Pendeta Indonesia DPC Toraja Utara. Jabatan lainnya, Staf Khusus Bupati Torut.

Pither, kata Stef, kerap menanamkan politik kebersamaan dengan persaudaraan sejati.

Pola dan cara serta performa kepribadian Pither ini turut mewarnai Stef dalam mengolah politik. Betapa tidak, sosok Stefi tampil apa adanya. Orangnya luwes tanpa beban dengan gaya bicara santai.

Kesederhanaan jadi corak hidupnya. Begitu pula karakter disiplin dan tegas nampak dalam kehidupan kesehariannya. Stef menjunjung tinggi integritas dan loyalitas dalam kehidupan bermasyarakat. Itu sebabnya, dia sangat berpihak kepada masyarakat termarginal atau terpinggirkan.

Aura kepemimpinan Stef sudah nampak saat memimpin Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro UKI Paulus Makassar. Mantan guru STM Kartika Bakti Balikpapan ini pernah aktif mengelola PAUD Stela Maris Paroki Satui di Kalimantan Selatan. Di kalangan Parokinya, Stef dikenal sebagai Guru pekerja keras dan tekun.

Sepeninggal kedua Orang Tuanya dia balik ke Toraja Utara. Mulanya, Stef bergelut di wiraswasta untuk mengisi waktunya yang lowong.

Kemudian, sebagai anak  BUPATI (Bua Pangala Tikala), setelah melalui perenungan mendalam dan konsultasi dengan keluarga termasuk abangnya, Pither Ponda, Stef lalu memutuskan maju jadi Caleg DPRD Toraja Utara. Atas bimbingan para Rohaniawan dia pun siap mengembangkan Politik Persaudaraan. (Tom)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Stefanus Rante Linggi Belajar Politik dari Abangnya Pither Ponda Barany"

Posting Komentar