SPKKL Tual Bakamla Galakkan Laporan Berbasis SMS Gateway


TUAL (wartamerdeka.info) - Penyesuaian terhadap teknologi dan trend terkini, tidak luput dalam perkembangan pelayanan pada aspek keamanan dan keselamatan laut. Stasiun Pemantauanan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tual Bakamla  melaksakanan kegiatan sosialisasi Informasi Masyarakat berbasis Aplikasi “SMS Gateway” di Desa Sathean, Kabupaten Maluku Tenggara, kemarin (13/5/2019).

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini, agar masyarakat dapat lebih aktif dan terbiasa untuk memberikan laporan terkini, terkait tindak pelanggaran di laut. Selain itu, SPPKL Tual juga ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, agar masyarakat lebih terbuka dan tak segan-segan untuk melapor jika ditemukan aktifitas yang menyimpang di laut.

Kepala Kantor SPKKL Tual Mayor Bakamla Rizal Ufer Suat, S.Pi. menyampaikan bahwa saat ini hampir semua orang telah memiliki dan dapat menggunakan telepon seluler. Dengan adanya SMS Gateway ini, diharapkan menjadi cara yang efektif untuk memberikan informasi keamanan dan keselamatan laut.

Lebih lanjut, laporan masyarakat nantinya akan dibagi ke beberapa klasifikasi. Dalam penerapannya, Bakamla turut bekerja sama dengan stakeholder terkait. Misal jika terdapat informasi pencarian atau pertolongan di laut, Bakamla akan bekerja sama dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Tual. Jika terdapat aduan terkait kegiatan penangkapan ikan secara ilegal, akan bekerja sama dengan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tual, dan sebagainya.

Mayor Rizal juga menghimbau kepada seluruh masuarakat maritim yang hadir, agar jangan takut untuk melapor. Selama menggunakan layanan aduan SMS Gateway, indentitas sang pelapor akan dijaga dengan baik. Sebagai mitra kerja Bakamla, peran masyarakat sangat dibutuhkan.

Kegiatan di akhiri dengan pembahian life jacket. Diharap dengan masyarakat semakin wasoada dan peduli akan keselematannya saat melakukan aktifitas di laut. Selain itu, dengan semakin eratnya sinergi antara masyarakat dan aparat penegak hukum dapat menciptakan suasana yamg aman dan nyaman untuk melaut. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama