Headline

Dinilai Tak Serius Tangani Karhutla, Presiden Jokowi Tegur Pemprov Riau

Presiden Jokowi memimpin Ratas tentang Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan, di Hotel Novotel, Pekanbaru, Riau, Senin (16/9) malam. (Foto:...

WASINDO Apresiasi Bupati Torut Terjun Langsung Bersihkan Tumpukan Sampah


TORAJA UTARA (wartamerdeka.info) - Gerah dengan masalah sampah yang terus-menerus muncul ke permukaan, bahkan saban hari jadi perbincangan warga terutama di medsos, Bupati Toraja Utara Kala'tiku Paembonan akhirnya terjun langsung membersihkan sampah yang ada.

Personil Satpol PP dan Pemadam Kebakaran dipimpin Andarias Sesa selaku Kasatpol PP dan Damkar, turut dikerahkan.

Mereka membersihkan tumpukan sampah yang kerap mengganggu pemandangan serta mengundang bau tidak sedap.

Bupati Kala'tiku benar-benar memanfaatkan hari libur kemarin (Kamis, 30/5), dari siang hingga sore, bekerja bakti menangani sampah.

Awak media ini sempat melintas di Jembatan Tagari ke arah Poros Toraja-Palopo, dan menemukan Bupati bersama personil Satpol PP sedang membersihkan tumpukan sampah. Tidak lama kemudian, juga melintas Direktur Eksekutif Perkumpulan WASINDO (Pengawas Independen Indonesia) Drs. Tommy Tiranda dengan mobil truk.


Kalatiku menurunkan 2 unit mobil Damkar untuk membersihkan sisa tumpukan sampah yang berada di pinggiran jalan Poros Toraja-Palopo, Kelurahan Tagari, Kecamatan Tallunglipu.

"Setelah saya mendengar adanya postingan di media sosial mengenai sampah, saya pun tidak tinggal diam. Ini kan menyangkut keindahan dan kesehatan kita semua. Maka dari itu mobil pemadam kebakaran saya terjunkan ke lokasi, untuk menyemprot sisa tumpukan sampah agar bau menyengat itu bersih adinda," ungkap Bupati Kala'tiku.

Menyaksikan ini, Tommy Tiranda yang juga wartawan senior di Toraja mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi langkah dan tindakan Bupati Torut 'Bung' Kala' dalam menangani persoalan sampah.

"Karena itu, tentu ini juga harus diikuti warga masyarakat yang ada agar tidak membuang sampah di sembarang tempat. Cuma persoalannya memang Pemda juga harus menyiapkan wadahnya, lokasi pembuangan sampah. Kalau TPAnya yang di Karua misalnya belum bisa digunakan bagaimana dengan TPSnya, tempat pembuangan sementara. Ini yang mestinya disiapkan. Saya kira semua stakeholder sejogjanya turut memikirkan hal ini agar tidak berlarut-larut," tutur Ketua Toraja Transparansi ini. (Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WASINDO Apresiasi Bupati Torut Terjun Langsung Bersihkan Tumpukan Sampah"

Posting Komentar