Yunani, Destinasi Diplomasi Maritim Kepala Bakamla


PREVEZA  (wartamerdeka.info) - Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R. bersama rombongan melanjutkan diplomasi maritimnya ke Hellenic Coast Guard (HCG), di Preveza, Yunani, kemarin. 

Laksdya Taufiq beserta rombongan disambut dengan hangat oleh Komandan HCG Vice Admiral Stamatios Raptis, beserta jajarannya. 

Pertemuan dalam bentuk bilateral meeting ini, diawali dengan presentasi oleh HCG mengenai struktur organisasi HCG, pembahasan lanjutan terkait kerja sama antara Bakamla dengan HCG dalam bidang peningkatan kapasitas personel, dan pembentukan forum Coast Guard to Coast Guard Talk.

Diskusi yang produktif terjadi selama jalannya pertemuan. Pembicaraan semakin hangat saat kedua petinggi coast guard itu saling bertukar pengalaman dalam menjalankan tugas. Isu terkini tentang keamanan laut yang sedang terjadi di masing-masing negara, juga tak luput dari pembicaraan. 

Lebih lanjut, kedua instansi coast guard ini sepakat bahwa hubungan baik yang telah terjalin adalah demi kepentingan kedua negara juga. Adapun Bakamla sebagai Indonesian Coast Guard telah diamanatkan dalam Perpres no. 178 th 2014 dan Surat Seskab No. B.551/Seskab/9/2015 tanggal 30 September 2015 yang berisi tentang Arahan Presiden untuk mengembangkan Bakamla agar dapat melaksanakan fungsi coast guard. 

Dalam kesempatan ini, Laksdya Taufiq mengundang HCG dalam kegiatan Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) yang akan diadakan pada bulan Juni 2019 di Jakarta. Laksdya Taufik juga berharap HCG dapat mengambil peran penting sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan latihan.

Kedua pimpinan instansi coast guard tersebut juga menjajaki kerja sama dalam konteks pertukaran informasi di bidang keamanan maritim. Tidak menutup kemungkinan untuk dibentuknya jaringan komunikasi langsung yang terjalin antar kedua coast guard. 

Mengakhiri kegiatan ini, Laksdya Taufiq beserta rombongan mendapat kehormatan untuk mengunjungi Joint Rescue Coordination Center, HCG Operational Center, dan Fisheries Monitoring Center.

Jajaran pejabat Bakamla yang turut serta dalam kunjungan ini antara lain Direktur Latihan Laksma Bakamla Yeheskiel Katiandagho S.E.,M.M., Plh. Direktur Kerjasama Kolonel Bakamla Salim, Kasubbag TU Kepala Letkol Bakamla Ridwansyah, Staf Administrasi Kepala Bakamla Mayor Lisa, dan beberapa staf lainnya. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama