250 Siswa SMK 75-1 Ikuti Latihan Bela Negara


BANYUMAS (wartamerdeka.info)  - Selama tiga hari, mulai Jumat sampai Minggu (21-23/6) sebanyak 250 siswa SMK 75-1 Purwokerto, yang terdiri 241 siswa dan 9 siswi, mengikuti latihan bela negara di Makorem 071/Wijayakusuma. Kerja sama SMK 75-1 dengan Korem 071/Wijayakusuma ini telah memasuki tahun ke enam dalam pembinaan siswa baru.

Materi yang diberikan diantaranya wawasan kebangsaan, bela negara, kepemimpinan, sosialisasi masuk TNI, PBB, kepramukaan, outbound dan materi lainnya. Disamping itu diadakan pula jelajah malam yang merupakan salah satu syarat sebelum siswa dilantik sebagai anggota Bantara Pramuka SMK 75-1 Purwokerto.

Pada hari terakhir ke 250 siswa dan siswi dengan membawa ransel masing-masing melaksanakan ketahanan mars dengan jalan kaki dari Korem 071/Wijayakusuma menuju ke tempat penutupan acara latihan bela  negara di lapangan sepak bola Kecamatan Kalibagor yang berjarak kurang lebih 7 Km.


Sebelum penutupan diadakan beberapa permainan kerja sama tim seperti mengangkat dan memindahkan bola dengan tali, estafet memindahkan air dalam gelas dan permainan lainnya. Selain itu diadakan bakti sosial berupa pembagian paket sembako bagi warga kurang mampu di sekitar lapangan sepak bola Kalibagor.

Filda, salah satu peserta mengatakan, "Saya merasa senang mengikuti pembekalan bela negara di korem karena menambah disiplin dan kepercayaan diri. Terima kasih juga karena diberi buku." Sementara itu Drs. Setyo Hadi, kepala sekolah SMK 75-1 mengatakan, "Kegiatan pembekalan bela negara untuk siswa baru SMK 75-1 yang dilaksanakan di Korem 071 Wijayakusuma sangat bermanfaat untuk membekali siswa dibidang disiplin dan cinta tanah air."

Mayor Inf Amir Ma'ruf, S.Pd., Perwira Seksi Pembinaan Perlawanan Wilayah Korem 071/Wijayakusuma (Pasibinwanwil) selaku kordinator penyelenggara pembekalan bela negara menyampaikan apresiasinya kepada SMK 75-1, "Latihan bela negara dan wawasan kebangsaan sangat penting untuk generasi muda. Disamping untuk menanamkan rasa cinta tanah air, juga untuk mendisiplinkan diri karena sehabat dan sepandai apapun tanpa disiplin akan susah dapat mencapai kesuksesan."(A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama