BREAKING NEWS

Presiden Jokowi: Keberhasilan Sebuah Daerah Sangat Ditentukan Oleh Derajat Penerimaannya Terhadap Kemajemukan

Presiden Jokowi didampingi Shinta N. Wahid, Quraish Shihab, dan Umi Nurcholis Madjid memukul Tifa sebagai tanda Pembukaan Forum Titik Temu...

Bakamla Peringati Hari Lahir Pancasila


JAKARTA (wartamerdeka.info) -  Kendatipun sabtu merupakan hari libur nasional apalagi ada sebagian masyarakat yang sudah melakukan libur persiapan lebaran, namun ratusan personel Bakamla yang berdinas di Jakarta tetap terlihat memadati lapangan  untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di lapangan apel Markas Besar Bakamla, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2019).

Kepala Biro Umum Laksma Bakamla Sandy M. Latief bertindak selaku Inspektur Upacara sedangkan Letkol Bakamla Didin Wahidin, A.Md yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubbag Penyusunan Rencana dan Program bertindak selaku Komandan Upacara.

Pada kesempatan tersebut, Laksma Sandy selaku Irup membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono.

"Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai
kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari", katanya.

Lebih lanjut dikatakan,  sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. 

Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu
bangsa.

Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. "Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan  masyarakat yang rukun, damai, adil
dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila," katanya.

Secara serentak Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional juga dilaksankan diseluruh Kantor Bakamla yaitu Kantor Zona Kamla Barat, Kantor Zona Kamla Tengah, Kantor Zona Kamla Timur, 12 Kantor Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) dan 2 Kantor Ground Station (GS).

Sementara itu, dari Kemenlu dilaporkan, Plt Sestama Bakamla Laksma Bakamla Eko Jokowiyono, S.E., M.Si.  berkesempatan menghadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di  Kemenlu, Jakarta. (A)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bakamla Peringati Hari Lahir Pancasila"

Posting Komentar