Bupati OKU : Melalui Festival B2SA Kearifan Lokal Harus Terus Dilestarikan


OKU (wartamerdeka.info) - Acara Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman ( B2SA ) Kabupaten OKU Tahun 2019  di Gedung Kesenian Baturaja, Rabu (31/07/2019), berlangsung meriah.

Ir. Supriyono. M.Si selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan Festival B2SA ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, peran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan serta menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap bahan pangan tertentu dengan pemanfaatan pangan lokal.

Supriyono mengungkapkan,  festival diikuti lebih kurang 31 peserta yaitu PKK Kecamatan, Dharma wanita dan GOW serta BUMN/BUMD.

Adapun tujuan penyelenggaraan Festival B2SA ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA dengan pemanfaatan olahan pangan lokal, serta mendorong kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang memiliki nilai jual.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kab OKU Hj. Badiar Dewi Kuryana mengatakan, Tim Penggerak PKK sebagai Mitra Kerja Pemerintah dalam pembangunan masyarakat melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK. diantaranya adalah program pangan.

Dengan adanya Festival B2SA ini Badiar berharap dapat menimbulkan kreatifitas dan evaluasi dalam membuat bahan pangan yang menarik, cita rasa tinggi, dan bernilai gizi serta menghadirkan menu makanan harian yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

Dengan demikian kata Badiar, harapan untuk menciptakan SDM yang berkualitas Insya Allah akan berhasil.

J"kualitas SDM banyak dipengaruhi oleh kualitas bahan pangan yang dikelola dan di konsumsi. keluarga dapat memilih dan menyajikan menu makanan bagi keluarga untuk hidup sehat, aktif dan produktif yang bersumber daya lokal," pungkas Badiar.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis dalam kata sambutannya mengatakan, dengan diadakan Festival B2SA ini diharapkan masyarakat Kab OKU bisa kreatif lagi dalam mengolah bahan makanan.

Ditegaskan, berbagai bahan makanan bisa diolah dengan berbagai macam bentuk dan rasa yang bernilai gizi tinggi.

Di Kabupaten OKU banyak bahan makanan yang bisa dimanfaatkan dan diolah untuk kebutuhan keluarga.

Kuryana berharap kearifan lokal harus terus dilestarikan termasuk singkong, jagung, dan masih banyak lagi bisa menjadi sumber pendapatan keluarga apalagi di tambah inovasi dan kreasi tidak menutup kemungkinan bisa menjadi peluang pasar yang patut diperhitungkan.

Dijelaskan Kuryana bahwa, acara Festival B2SA ini sudah menjadi agenda tahunan Pemkab OKU, untuk itu agar selalu ada peningkatan hasilnya dan bahan makanan yang digunakan semakin bervariasi.

Selanjutnya Bupati OKU meninjau masakan yang di lombakan sembari mencicipi nya.

Hasil lomba ini  :

1. Juara I DWP Dinas Pendidikan Kab OKU
2. Juara II Tim Penggerak PKK Kec Pengandonan
3. Juara III DWP Setwan Kab OKU

Juga untuk juara harapan didapatkan oleh:
1. Juara Harapan I GOW Aisiyah Daerah PAD OKU
2.  Juara harapan II DWP Dinas PMD Kab OKU
3. Juara harapan III DWP Sekretariat Daerah Kab OKU. (maret)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama